Pemerintah diharapkan memberikan bantuan untuk merangsang daya beli masyarakat akan kendaraan bermotor. Toyota
Pemerintah diharapkan memberikan bantuan untuk merangsang daya beli masyarakat akan kendaraan bermotor. Toyota

Industri Otomotif

Pasar Otomotif Harapkan Bantuan Pemerintah

Otomotif penjualan mobil industri otomotif
Ekawan Raharja • 13 November 2020 10:00
Jakarta: Pasar otomotif Tanah Air merupakan salah satu sektor yang terdampak Pandemik Covid-19 dan mengalami penurunan yang signifikan. Demi meningkatkan kembali pasar yang sedang lesu tentu diharapkan bantuan pemerintah agar mempercepat pemulihan seperti sedia kala.
 
Hal ini diumumkan oleh Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Kukuh Kumara, pada Kamis (12/11/2020) melalui webinar. Kukuh mengutarakan dengan meningkatnya mobilitas masyarakat, tentu perekonomian Indonesia bisa bergerak kembali.
 
"Kami sampaikan konsumen perlu dibantu banyak agar kami pelaku industri bisa tetap produksi. Sebab industri otomotif ini memiliki pengaruh ke sektor lain. Contohnya, 80 persen pembelian kendaraan bermotor menggunakan jasa keuangan, belum lagi ada sektor asuransi, lalu ada UMKM yang memasok komponen dan sebagainya yang mendorong ekonomi. Kalau otomotif tumbuh maka utilisasi pabrik yang meningkat bisa menyerap lagi tenaga kerja di sektor ini," kata Kukuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tanpa dukungan pemerintah, Kukuh menilai akan sangat berat bagi para anggota Gaikindo untuk dapat memenuhi target produksi sebesar 600 ribu unit di tengah pandemi.
 
"Kami hanya punya sisa 2 bulan untuk mengejarnya. Apalagi kalau sudah Desember, itu pasti masyarakat sudah memilih untuk liburan dan menunda membeli sampai tahun depan," ungkapnya.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif