Suzuki XL7 banyak diminati oleh berbagai negara lainnya. Suzuki
Suzuki XL7 banyak diminati oleh berbagai negara lainnya. Suzuki

Ekspor Mobil

LSUV Buatan Indonesia Diminati Konsumen Luar Negeri

Otomotif suzuki mobil
Ekawan Raharja • 19 Agustus 2020 10:21

Jakarta: Produksi mobil di Indonesia tidak hanya diminati oleh konsumen di dalam negeri, tetapi hingga ke luar negeri. Usai memasuki masa transisi, permintaan ekspor mobil ke sejumlah negara meningkat seiring dengan kembali berjalannya perekonomian.
 
Salah satu yang mendapatkan tuah pesanan dari luar negeri adalah Suzuki, khususnya untuk model XL7. Low sport utility vehicle (LSUV) ini terjual sebanyak 2.694 unit pada bulan Juli 2020, atau meningkat 541 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya.
 
Assistant Dept Head Production Planning Control PT Suzuki Indomobil Motor, Aris Yuliyantoro, melihat kondisi perekonomian sejumlah negara semakin pulih. Selain itu, permintaan rival Toyota Rush dan Honda BR-V ini juga menjadi pertanda model ini cukup sukses di dalam maupun luar negeri. Hal ini dibuktikan dengan angka ekspor XL7 telah berkontribusi 22,2 persen dari total ekspor Suzuki.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lonjakan ekspor di masa pandemik ini membangun optimisme kami bahwa ekonomi di banyak negara mulai pulih. Timing ini akan kami gunakan untuk terus menggenjot volume ekspor XL7, karena produk ini cocok dan disukai konsumen internasional," ungkap Aris Yuliyantoro melalui keterangan resminya.
 
Saat ini XL7 yang memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) atau komponen lokal sebesar 85 persen, menandakan mobil ini sangat kaya akan industri otomotif Indonesia. Tingginya minat konsumen internasional terhadap XL7 tidak terlepas juga dari kualitas dan diproduksi menggunakan teknologi paling mutakhir serta fasilitas berstandar internasional di pabrik Cikarang Bekasi. Sehingga dengan cepat menjadi primadona baru konsumen global yang menyukai kendaraan untuk berpetualang bersama orang-orang tercinta.


Mobil yang memiliki basis dari Ertiga ini juga sudah dipasarkan lebih dari ke-20 negara, dan telah diluncurkan di beberapa negara seperti Barbados, Trinidad & Tobago, Vietnam, Filipina, dan jumlah tujuan negara ekspor pun akan terus ditingkatkan seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian. Bahkan untuk peluncurannya di Thailand, XL7 memakai lantai Bangkok International Motor Show 2020 sebagai panggungnya.
 
“Peningkatan jumlah unit ekspor XL7 ini juga menandakan Indonesia berhasil menjadi pilar ke-3 global serta menjadi basis produksi dan ekspor XL7. Sebagai basis produksi terbesar ke-3 di dunia, kami akan terus menghadirkan produk berkualitas untuk konsumen di Indonesia maupun internasional,” tutup Aris.


 
(UDA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif