Kehadiran New Avanza dan New Veloz menjadi strategi Toyota di 2019. Medcom.id/Ekawan Raharja
Kehadiran New Avanza dan New Veloz menjadi strategi Toyota di 2019. Medcom.id/Ekawan Raharja

Rival Menguat, Masihkah New Avanza jadi Pilihan?

Otomotif toyota mitsubishi mobil baru industri otomotif
Ekawan Raharja • 16 Januari 2019 16:01
Jakarta: Persaingan penjualan mobil di segmen low multi purpose vehicle (LMPV), saat ini semakin ketat. Selain pemain otomotif Jepang, kelas ini juga sudah dimasuki pemain baru dari Tiongkok yaitu Wuling dengan harga yang jauh lebih kompetitif. Ketika itu terjadi, Toyota pun hanya melakukan penyegaran terhadap Avanza dan Veloz. Pertanyaannya masihkah mobil ini jadi pilihan sejuta umat?
 
President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Yoshihiro Nakata, secara terang-terangan berharap mobil ini bisa terjual 30 persen di pangsa pasar low multi purpose vehicle (LMPV). Bahkan Ia mengaku segmen ini tak mudah, dan persaingan semakin ketat.
 
"Kami ingin diterima dan kategori ini (LMPV) ditargetkan 30 persen," ujar Nakata-san Selasa (15/1/2019) di Fairmont Hotel Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rival Menguat, Masihkah New Avanza jadi Pilihan?
 
Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi, menerangkan lebih rinci target per bulan di kisaran 7.000 ribu sampai 7.500 unit. Angka ini diakui meningkat dibanding Avanza versi sebelumnya yang berada di kisaran 6.500 unit per bulan.
 
"Sebelumnya berada di angka 6.500 unit sampai 6.900 unit. Bahkan sampai akhir Desember 2018 kemarin masih bisa 9.000 unit. Artinya penerimaan masyarakat masih baik meski persaingan semakin ketat," ujar Anton dikesempatan yang sama.
 
Rival Menguat, Masihkah New Avanza jadi Pilihan?
 
Tentu saja Toyota meluncurkan New Avanza dan New Veloz dengan pertimbangan matang. Mereka tak ingin segmen LMPV yang belasan tahun dikuasainya, kembali direbut oleh pemain baru Mitsubishi Xpander seperti yang terjadi di 2018.
 
Secara keseluruhan, Mitsubishi mengumumkan sudah menjual 115 ribu unit mobil tersebut per Desember lalu. Angka ini jauh lebih baik dari Avanza yang hanya 82.167 unit di periode yang sama.
 
Jadi akankah Avanza akan kembali merebut mahkotanya dari Xpander?
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif