Fitur cruise control bisa diakses oleh ibu jari karena lokasi tombolnya ada di setir. Medcom.id/Ekawan Raharja
Fitur cruise control bisa diakses oleh ibu jari karena lokasi tombolnya ada di setir. Medcom.id/Ekawan Raharja

Teknologi Otomotif

Fitur Cruise Control Kian Canggih, Kurangi Lelah Perjalanan Jauh

Otomotif teknologi otomotif test drive nissan
Ekawan Raharja • 29 Oktober 2020 12:00
Jakarta: Fitur cruise control di mobil-mobil keluaran terbaru sudah sangat canggih. Baru-baru ini yang kami uji adalah fitur cruise control yang terdapat di Nissan Kicks e-Power yang juga sudah terdapat di New X-Trail generasi terakhir. Fitur ini sangat ampuh dalam mengurangi lelah saat perjalanan jarak jauh.
 
Untuk menggunakan fitur ini, tentu dibutuhkan pengetahuan yang lebih jauh tentang cara kerjanya. Mengingat banyak hal yang berubah dari cara kita berkendara di jalan tol, terutama saat berada di belakang objek atau kendaraan lain dan saat ingin menyusul kendaraan yang lebih lamban.

Pelajari Bagaimana Sensor Bekerja

Hal pertama yang patut dipelajari adalah bagaimana cara bekerja sensor cruise control yang bekerja di mobil tersebut. Untuk Kicks yang mengusung fitur intelligent cruise control, deteksi obyek berdasarkan ukuran kendaraan yang berada dalam jangkauan ukuran berupa titik fokus. Titik ini yang mendeteksi objek bergerak dan mengatur jarak yang ditentukan di fitur tersebut.
 
Fitur Cruise Control Kian Canggih, Kurangi Lelah Perjalanan Jauh

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk tipe adaptive cruise control, kecepatan yang ditentukan hanya akan diterapkan jika tidak ada objek yang terdeteksi di depan kendaraan. Misalnya, jika kita menerapkan kecepatan 100 km per jam, maka kecepatan itu hanya berlaku ketika kendaraan lain bergerak dengan kecepatan yang juga minimal 100 km per jam atau lebih cepat. Namun ketika kendaraan di depan bergerak hanya 90 km per jam, maka kecepatan mobil yang kita kendarai akan beradaptasi terhadap kecepatan mobil di depan.
 
Lalu bagaimana ketika kendaraan yang ada di depan berpindah jalur yang berarti tak ada lagi obyek di depan? Maka mobil yang kita kendarai akan kembali ke kecepatan yang diterapkan di cruise control.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif