Ada lima unit Prius yang sudah digunakan dan sehari-harinya digunakan untuk program sewa GoFleet. Toyota
Ada lima unit Prius yang sudah digunakan dan sehari-harinya digunakan untuk program sewa GoFleet. Toyota

Mobil Listrik

Mohon Maaf, Toyota Prius Belum Dijual untuk Umum

Otomotif toyota mobil listrik
Ekawan Raharja • 15 Juni 2020 22:40
Jakarta: Toyota sudah memperkenalkan mobil listriknya, Prius, kepada masyarakat Indonesia di awal 2020. Sayangnya mobil berteknologi plug-in hybrid (PHEV) tersebut belum dijual secara bebas, dan saat ini masih untuk kebutuhan fleet.
 
Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmy Suwandi, menjelaskan untuk sekarang ini Prius belum dipasarkan untuk konsumen umum/perorangan (retail). Sekarang penggunaan mobil generasi kedua tersebut masih untuk kebutuhan GoFleet yang ditawarkan oleh Gojek.
 
"Masih Fleet, retail belum karena kan ada Covid-19. Kita belum bisa simpulkan (studi) cukup, jadi butuh waktu lagi," ucap Anton Jimmy Suwandi Senin (15/6/2020) melalui webinar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya penggunaan mobil ramah lingkungan tersebut di armada GoFleed sebagai salah satu bagian dari studi. Ada lima unit mobil yang sudah digunakan dan sehari-harinya digunakan untuk program sewa GoFleet, sebuah program inisiasi antara Astra dan Gojek. Melalui program ini mereka ingin melihat bagaimana kondisi Prius digunakan sehari-hari di jalanan Indonesia.
 
"Akan akan studi terus, bahkan baterai listrik masih terus dipelajari supaya komitmen elektrifikasi kami bisa meningkat terus," urainya.
 
Meski terbilang belum dipasarkan secara umum hingga saat ini, Toyota klaim komitmen mereka akan mobil listrik tidak berhenti. Dia bahkan menilai momen pandemik virus korona ini akan menjadi momen yang tepat untuk mengedukasi mengenai keunggulan mobil listrik, khususnya efeknya terhadap lingkungan dan kesehatan.
 
"Toyota merasa Covid-19 membuat kita semakin memperkuat edukasi kepada masyarakat yang menaruh perhatian terhadap kesehatan dan lain-lain. Saya semakin yakin menuju kendaraan elektrifikasi, kita tetap komitmen ingin meneruskan mobil ramah lingkungan."
 
Prius yang sedang di studi oleh Toyota Indonesia merupakan generasi kedua yang sudah mengadopsi teknologi PHEV. Mobil ini menggabungkan mesin pembakaran dalam dengan motor listrik sebagai sumber penggerak. Teknologi ini memungkinkan apabila baterai untuk memutar motor listrik habis, maka mesin konvensional bisa digunakan disokong dengan bensin.
 
Bicara spesifikasi, mobil PHEV ini menggendong mesin bensin 2ZR-FXE 1.800 cc 4-silinder bertenaga 95 daya kuda dan torsi puncak 142 Nm, yang dipadukan dengan motor listrik bertenaga 71 dk. Motor listriknya itu mendapat sokongan daya dari baterai berkapasitas 0,7 kWh.
 

(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif