Uji emisi mencegah polusi udara di Jakarta agar tidak semakin parah. Antara Foto/Adnan Nanda
Uji emisi mencegah polusi udara di Jakarta agar tidak semakin parah. Antara Foto/Adnan Nanda

Tak Lolos Uji Emisi Bakal Kena Tarif Pakir Lebih Mahal

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge regulasi otomotif
M. Bagus Rachmanto • 16 Agustus 2019 09:33
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta bakal mewajibkan uji emisi semua kendaraan yang beroperasi di ibu kota mulai tahun depan. Uji emisi diberlakukan untuk mengurangi polusi udara di Jakarta yang cukup mengkhawatirkan.
 
"Harapannya, supaya kendaraan bermotor yang beroperasi di Jakarta itu bukan termasuk kendaraan bermotor yang tidak lolos uji emisi, harus semuanya lolos uji emisi," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta, Pusat, beberapa waktu lalu,
 
Anies menjelaskan, hasil uji emisi akan berpengaruh pada tarif parkir. Kendaraan tak lolos uji emisi dikenakan tarif parkir lebih mahal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lebih baik dibereskan agar tarif parkir sama. Ini akan diatur karena data uji emisi kan digabung dengan data kendaraan bermotor, data tempat parkir akan jadi satu," ujar dia.
 
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu menyadari kewajiban uji emisi terkendala jumlah jumlah bengkel yang terbatas. Saat ini di Jakarta hanya ada 125 bengkel yang memiliki fasilitas uji emisi. Padahal setidaknya dibutuhkan 700 bengkel.
 
"Kita akan mendorong bengkel untuk memiliki fasilitas uji emisi, kita undang pompa bensin punya alat ukur uji emisi sehingga masyarakat bisa dapatkan informasi emisi yang dikeluarkan dengan mudah dan cepat," ujar dia.
 
Sebelumnya, alat pengukur udara AirVisual menyatakan kualitas udara di Jakarta Senin, 1 juli 2019 tidak sehat. Fakta ini membuat Jakarta sebagai kota dengan tingkat polusi udara terburuk di dunia.
 
AirVisual merupakan situs penyedia peta polusi daring yang tersebar di kota-kota besar di dunia. AirVisual mencatat nama Jakarta muncul dalam urutan pertama kota dengan dengan tingkat polusi tertinggi.
 
Setelah Jakarta, ada kota Lahore di Pakistan, Hanoi di Vietnam, Dubai di Uni Emirat Arab, serta Wuhan di China yang masuk lima besar kota dengan tingkat polusi udara tertinggi dunia.

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif