Tips Knowledge

Debu, Turut Pengaruhi Kinerja Power Window

M. Bagus Rachmanto 09 Oktober 2018 09:02 WIB
tips knowledge
Debu, Turut Pengaruhi Kinerja Power Window
Power window perlu mendapat perawatan berkala biar lebih awet. KaestnerAutoElectric
Jakarta: Mobil keluaran terbaru umumnya telah dilengkapi dengan fitur power window. Fitur ini menawarkan kenyamanan dalam membuka dan menutup jendela secara elektri ini sudah menjadi bagian terpenting dalam sebuah mobil. 

Untuk menjaga power window selalu dalam kondisi yang baik dibutuhkan perawatan ekstra. Karena tak jarang power window mengalami seret atau susah naik-turun dalam pengoperasiannya.

Cara pengoperasian yang tidak tepat, dan perawatan yang kerap diabaikan bisa menjadi penyebab power window cepat rusak atau macet. Dilansir dari laman resmi Daihatsu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat dan menjaga power window agar tetap bekerja sebagaimana mestinya. Berikut tips untuk menjaga power window mobil Anda lebih awet. 


Cek Berkala Power Window 
Pastikan untuk mengecek/periksa kaca jendela mobil minimal setiap enam bulan sekali. Hal ini untuk memastikan naik turunya kaca tidak tersendat. Jika tersendat akan berefek kaca mobil menjadi miring, sehingga tidak menutup secara sempurna. Apabila Anda sering melewati jalanan yang sangat berdebu, sebaiknya perawatan dilakukan lebih sering.

Cek Berkala Karet Kaca Mobil
Mobil yang sudah berumur kerap kali muncul masalah kaca naik-turun seret. Hal tentu ini sangat mengganggu saat Anda akan bayar tol atau bayar parkir. untuk itu Anda bisa mencobanya dengan membersihkan karet kaca mobil secara berkala, tujuannya untuk menghilangkan debu yang menjadi salah satu penyebab naik turunnya kaca menjadi seret. 

Untuk membersihkan karet kaca Anda bisa menggunakan silicon spray yang tersedia di pasaran. Jangan menggunakan cairan penetran karena akan membuat debu malah menempel dan gampang datang kembali. Semprotkan silicon spray di sepanjang jalur karet, termasuk karet yang menempel pada frame pintu.

Cek Berkala Rel Kaca Power Window 
Untuk menjaga kondisi rel kaca tetap baik, biasakan untuk mencuci mobil sehabis melakukan perjalanan jauh. Jika kelamaan tidak dibersihkan kaca jendela tidak bekerja dengan optimal, karena sulit dioperasikan secara elektris. Ketika mencuci mobil disarankan untuk menggunakan sampo mobil dengan kualitas baik, agar kelembapan dan elastisitas karet tetap terjaga. 

Gunakan Power Window Seperlunya 
Dalam mengoperasikan power window sebaiknya seperlunya saja. Disarankan untuk tidak menurunkan kaca ke dalam jika kondisi kaca sedang basah. Terlebih jika sedang melewati jalanan berdebu, karena debu disebut dapat merusak power window. Tak kalah penting agar mengoperasikan tombol power window secara halus, agar arus listrik mengalir dengan baik pada sistem elektris.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id