Teknologi Otomotif

Teknologi Ban Mobil Militer AS ini Bisa Berubah Bentuk

M. Bagus Rachmanto 01 Juli 2018 11:06 WIB
teknologi otomotif
Teknologi Ban Mobil Militer AS ini Bisa Berubah Bentuk
Reconfigurable Wheel-Track, teknologi ban baru kendaraan militer yang bisa berubah bentuk. Carscoops
Amerika Serikat: Kendaraan taktis atau mobil-mobil militer yang digunakan di darat punya peran penting sebagai garda depan atau pun pengangkut lantaran mobilitasnya yang cepat. Mobil militer punya banyak ragam dan fungsi, tidak hanya soal model tapi juga teknologi yang disematkan. 

Seperti proyek militer Amerika Serikat (AS) satu ini yang disebut "Reconfigurable Wheel-Track (RWT)”. Dikembangkan oleh Defense Advanced Research Projects Agency’s (DARPA), Reconfigurable Wheel-Track adalah teknologi ban baru kendaraan militer yang bisa berubah bentuk. 

RWT adalah salah satu teknologi yang baru-baru ini dikembangkan sebagai bagian dari program Ground X-Vehicle Technology (GXV-T). Tujuannya untuk meningkatkan mobilitas kendaraan lapis baja jadi lebih cepat, dengan menggantikan roda yang terbuat besi. 


RWT dikembangkan oleh Carnegie Mellon University’s National Robotics Engineering Center, sebagai roda yang dapat berubah bentuk, dari bulat menjadi berbentuk segitiga dalam tempo dua detik, dengan kondisi kendaraan bergerak.

DARPA belum memberikan bocoran lebih lanjut tentang penggunaan material/bahan pada RWT. Namun dari penampakannya, RWT memiliki enam brackets yang masing-masing dilengkapi dengan empat roda yang berbeda. Roda bundar digunakan untuk jalan padat sedangkan versi baja digunakan untuk tanah yang lebih lunak

"DARPA mengambil pendekatan yang sangat berbeda untuk mobilitas, dengan menghindari baju besi dan mengembangkan pilihan untuk bergerak cepat dan menjadi lincah di segala medan," kata Manajer Program Ground X-Vehicle Technologies (GXV-T), Major Amber Walker, kepada media.

Selain RWT, teknologi lain yang merupakan bagian dari program ini adalah electric in-hub motor dan multi-mode extreme travel suspension. Yang terakhir ini dikembangkan oleh Pratt & Miller, dengan menciptakan suspensi hidrolik yang dapat disesuaikan secara independen pada setiap roda. Dan diklaim memberikan kemampuan off-road yang ekstrim, dengan ketinggaian maksimum suspsensi mencapai 1,8 meter, serta mode of travel 42 inches ke atas dan 30 inci ke bawah. Lihat video di sini.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360