Pelumas Kendaraan

Pertamina Siapkan Pelumas untuk Regulasi Euro4

Ekawan Raharja 31 Mei 2018 13:49 WIB
pertaminakomponen otomotif
Pertamina Siapkan Pelumas untuk Regulasi Euro4
Ilustrasi pabrik Pertamina Lubricant. MI/Arya Manggala
Jakarta: Persiapan menuju standar emisi Euro 4 tidak hanya dilakukan oleh produsen mobil di Indonesia. Bahkan Pertamina Lubricants juga mempersiapkan diri untuk menghadapi era standar emisi gas buang Euro 4.

Vice President Sales & Marketing Domestic Retail Automotive PT Pertamina Lubricants, Arie Anggoro, juga memastikan perusahaan pelumas pelat merah tersebut juga ikut menuju Euro 4. Menurutnya pelumas untuk otomotif tidak terlepas dari perkembangan dunia otomotif.

"Kita sedang mengembangkan pelumas yang sesuai dengan yang ada di masyarakat termasuk Euro 4. Tapi kita sudah siap dengan itu sebetulnya," ujar Arie Rabu (31/5/2018) di Morrissey Hotel Jakarta.

Hanya saja, Pertamina Lubricants masih menunggu keputusan dari pemerintah. Termasuk spesifikasi untuk mesin Euro 4, sehingga pelumasnya bisa menyesuaikan dengan mesin mobilnya.


"Tinggal pemerintah launching kapan. Euro 4 ada spesifikasinya, kekentalannya berapa, kandungan sulfurnya berapa, dan lain-lannya tinggal disesuaikan.

Arie juga memastikan tidak memerlukan waktu yang terlalu lama untuk menghadirkan pelumas untuk mesin Euro 4. Dia memprediksi 3-6 bulan waktu yang dibutuhkan untuk persiapan pelumas tersebut.

"Kalau riset kita tidak menggandeng pihak manapun, kita lakukan di internal," tambah Arie.



(UDA)