Penjualan Suzuki di bulan Juni 2020 ditopang oleh All New Carry. Suzuki
Penjualan Suzuki di bulan Juni 2020 ditopang oleh All New Carry. Suzuki

Industri Otomotif

Angin Segar Sambangi Penjualan Mobil Suzuki di Juni 2020

Otomotif industri otomotif suzuki mobil
Ekawan Raharja • 21 Juli 2020 15:08

Jakarta: Sejumlah merek otomotif mulai merasakan angin segar berupa kenaikan penjualan di bulan Juni dibandingkan Mei 2020. Suzuki salah satunya klaim mereka merasakan peningkatan penjualan hingga dua kali lipat.
 
Menurut data retail sales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan di Bulan Juni mencapai 4.206, meningkat sekitar 100 persen dibandingkan sebulan sebelumnya yang hanya 2.205 unit. Hasil inipun membuat pangsa pasar mereka kini 11,9 persen di kancah pasar otomotif nasional dengan total penjualan 34.536 unit.
 
4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra, menjelaskan peningkatan ini ini seiring dengan kegiatan masyarakat yang berangsur pulih, sehingga rencana pembelian mobil yang sempat tertunda selama masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) karena dampak Covid-19, kini bisa direalisasikan untuk mendukung aktivitas dan mobilitas sehari-hari. Selain itu, dukungan dari perusahaan leasing seperti Suzuki Finance turut meningkatkan pangsa pasar Suzuki di industri otomotif nasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selain itu, penggunaan mobil pribadi menjadi alternatif untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19. Apalagi mobil-mobil Suzuki memiliki ruang kabin yang lega sehingga tetap bisa menjaga jarak antar penumpang, dan kompartemen yang banyak untuk menyimpan alat-alat kebersihan dan kesehatan," ungkap Donny Saputra melalui keterangan resminya.
 
Kontribusi terbesar terhadap peningkatan pangsa pasar retail sales ini berasal dari New Carry Pick Up sebesar 56,8 persen. Setelah itu disusul XL7 sebesar 13,5 persen dan All New Ertiga yang juga mendongkrak peningkatan pangsa pasar dengan kontribusi 12,1 persen. Selain itu, model-model lain seperti SX4 S-Cross, New Baleno, Jimny dan New Ignis memberikan kontribusi 10,1 persen dari total penjualan Suzuki di bulan Juni.
 
Merujuk pada data di atas, di masa transisi ini penggunaan kendaraan komersial terus meningkat melebihi penggunaan kendaraan penumpang. Hal ini terjadi mengingat banyak bermunculan UMKM yang membutuhkan kendaraan operasional, serta kegiatan logistik dan pengiriman yang meningkat. Selain itu, dukungan dari perusahaan leasing juga berpengaruh.
 
“Kegiatan logistik dan pengiriman tetap dibutuhkan meski dalam kondisi pandemi. Hal ini yang membuat kontribusi New Carry tetap tinggi. Tapi kendaraan penumpang juga mulai kembali naik permintaannya, seperti produk lokal terbaru andalan Suzuki, yaitu XL7,” tutup Donny.
 
Selain Suzuki, angin segar ini juga didapatkan oleh anggota big five otomotif Indonesia yakni Toyota, Daihatsu, Honda, dan Mitsubishi. Uniknya, cengkraman big five ini sangat kuat karena penjualan mereka menopang 77,8 persen pasar otomotif di sepanjang tahun Januari-Juni 2020.


 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif