Tentukan jenis mobil sesuai dengan kebutuhan. Dok. MTVN
Tentukan jenis mobil sesuai dengan kebutuhan. Dok. MTVN

Hal yang Mesti Diperhatikan Saat Tukar Tambah Mobil

Otomotif mobil baru
M. Bagus Rachmanto • 21 Oktober 2019 13:02
Jakarta: Bagi yang sedang mempertimbangkan untuk membeli mobil baru, tukar tambah atau trade ini bisa jadi pilihan metode pembayaran. Metode ini juga bisa dilakukan buat mereka yang ingin mengganti mobilnya dengan yang baru (upgrade).
 
Menjual mobil untuk mendapat uang tambahan untuk membeli mobil baru bisa dibilang gampang-gampang susah, karena mungkin Anda akan kesulitan menemukan pembeli yang cocok, sehingga proses penjualan akan memakan waktu lama.
 
Sedangkan cara tukar tambah tidak perlu mengeluarkan uang sesuai dengan harga mobil baru, cukup menambahkan selisih harganya saja. Tapi saat melakukan tukar tambah, belum tentu diler akan menghargai mobil sesuai dengan keinginan, karena pastinya diler akan menaksir harga sesuai dengan kondisi mobil dan mempertimbangkan harga jualnya kembali. Kecuali, kondisi mobil masih sangat baik dan termasuk dalam model yang populer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua metode pembelian mobil tersebut sebenarnya sama-sama menguntungkan. Oleh karena itu, sebelum melakukan kedua metode penjualan tersebut, ada baiknya untuk menyimak tips dari Auto2000 berikut ini.
 
Sesuaikan mobil baru yang dipilih dengan kebutuhan
Untuk pembelian mobil baru, hal pertama yang harus diketahui oleh para pembeli adalah menentukan mobil sesuai dengan kebutuhan, termasuk model, fitur, transmisi, dan kelengkapan mobil lainnya. Pastikan semua kelengkapan yang dibutuhkan terdapat di dalam mobil pilihan Anda.
 
Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang mobil yang dipilih. Setelah mendapatkan mobil yang dibutuhkan, ketahui harga mobil tersebut untuk menentukan uang muka atau down payment (DP). Biasanya, besar uang muka yang harus dibayarkan sekitar 20 persen dari harga mobil. Namun, apabila mobil tersebut memiliki harga yang lebih mahal dari budget, ada baiknya untuk memikikirkan kembali hal yang harus dilakukan, seperti menambah budget, mengganti pililhan, atau solusi lainnya yang tidak akan memberatkan Anda.
 
Pikirkan harga purna jual
Wajar jika ada sebagian orang memikirkan harga purna jual mobil yang akan dibeli, karena mobil juga merupakan salah satu investasi. Pastikan mobil yang akan dibeli memiliki harga jual yang tidak jauh berbeda dari aslinya.
 
Biasanya, harga purna jual ditentukan oleh kualitas mobil, seperti mesin, kondisi eksterior dan interior, bahkan merek serta jenis mobil biasanya juga ikut menentukan harga purna jualnya. Maka dari itu, mobil perlu dirawat secara berkala agar kualitasnya tidak menurun dan harga purna jualnya tetap tinggi.
 
Test drive
Ini sangat penting dilakukan bagi yang ingin merasakan sensasi berkendara dengan mobil pilihannya. Test drive juga akan semakin meyakinkan dalam hal mengambil keputusan untuk membeli mobil tersebut.
 
Pada saat test drive, calon pembeli dapat mencoba segala macam fitur yang terdapat di mobil, termasuk fitur yang menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara. Selain itu, kita bisa berkenalan dengan fitur-fitur baru yang mungkin belum dipahami.
 
Tentukan jenis pembayaran dan asuransi yang tepat
Tentukan jenis pembayaran untuk mobil baru atau bekas yang Anda beli. Apakah ingin membayar secara tunai atau kredit. Jika Anda ingin membeli mobil secara kredit, carilah leasing yang terpercaya dan mengetahui tingkat suku bunga. Anda bisa menggunakan uang hasil penjualan atau tukar tambah mobil lama sebagai uang muka, atau menjadi tambahan biaya ketika ingin mendapatkan mobil secara tunai.
 
Bila perlu, bandingkan harga yang ditawarkan oleh leasing yang satu dengan lainnya, agar Anda mendapatkan harga yang rasional. Jangan langsung percaya dengan leasing yang menawarkan harga sangat murah dan memberikan banyak bonus. Ada baiknya untuk memastikan dulu kebenarannya.
 
Pilih diler terpercaya
Setelah pasti dengan pilihan mobil, pilih diler yang terpercaya. Sekarang, banyak diler mobil yang menawarkan berbagai keuntungan tambahan. Pastikan hal tersebut benar dan tidak akan merugikan di kemudian hari. Lalu, ada baiknya untuk datang ke diler yang dekat dengan tempat tinggal, agar lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu untuk menjangkaunya.
 
Lalu, ada baiknya untuk datang ke dealer yang dekat dengan tempat tinggal Anda, agar lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu untuk menjangkaunya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif