Mitsubishi Motors kini punya fasilitas quick charging di tempat umum dan ini menjadi yang pertama mereka bangun. medcom.id/Ahmad Garuda
Mitsubishi Motors kini punya fasilitas quick charging di tempat umum dan ini menjadi yang pertama mereka bangun. medcom.id/Ahmad Garuda

Mitsubishi Bangun Quick Charging Publik Pertama di Plaza Senayan

Otomotif mitsubishi mobil listrik
Ahmad Garuda • 26 November 2019 14:33
Jakarta: Keseriusan Mitsubishi dalam memasarkan kendaraan listriknya di Indonesia, terus berlangsung. Setelah konsisten mengikuti ragam kegiatan yang berkaitan dengan kendaraan listrik, kini mereka fokus untuk membangun infrastruktur untuk kendaraan listrik.
 
Tentu ini tidak mudah, lantaran dibutuhkan komitmen besar membangun stasiun pengisian daya listrik cepat berteknologi terbaik, untuk membuat mobil-mobil mereka bisa beroperasi dengan baik. Hari ini, Selasa (26/11/2019) menjadi pembuktian mereka membangun quick charging publik pertama di Plaza Senayan, Jakarta.
 
Peresmian ini dilakukan langsung oleh Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura dan dihadiri juga pejabat Perusahaan Listrik Negara, BPPT hingga dua ambassador mereka Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebenarnya kami sudah punya tempat pengisian daya listrik cepat di 14 lokasi untuk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). 12 di antaranya berada di jaringan kami dan dua ada di kantor pusat di Pulomas. Kemudian ada dua lagi yang terletak di Denpasar, Bali. Jadi ini adalah stasiun ke-17 yang kami bangun di Indonesia dan yang pertama berlokasi di ruang publik," ujar Naoya Nakamura.
 
Mitsubishi Bangun Quick Charging Publik Pertama di Plaza Senayan
 
Ia melanjutkan bahwa pembangunan infrastruktur kendaraan listrik, sudah seharusnya mereka mulai, bukan hanya untuk sekadar coba-coba. Namun lebih serius untuk memberikan optimisme kepada calon konsumen pembeli mobil listrik/PHEV (plug-in hybrid electric vehicle) yang mereka pasarkan di Indonesia.
 
Beberapa saat lalu, pabrikan ini memang sudah meluncurkan Outlander PHEV sebagai bagian dari komitmen mereka terhadap kendaraan listrik di Indonesia. Namun hingga saat ini, aturan soal itu pun demikian dengan infrastrukturnya, masih sangat minim. Sehingga untuk mengatakan era mobil listrik siap di Indonesia rasanya masih jauh.
 
"Kami melihat bahwa negara ini punya potensi besar untuk pengembangan mobil listrik. Namun perlu langkah inspiratif besar untuk memulai semuanya. Makanya kami berangkat dari komitmen besar ini untuk membangun pengisian listrik daya cepat (quick charging) agar mobil listrik lebih cepat diterima masyarakat."
 
Sayangnya, untuk stasiun quick charging ini, MMKSI mengakui baru membukanya untuk Plaza Senayan saja. Dari situ, mereka ingin mempelajari seperti apa kebutuhannya dan akan melakukan ekspansi mulai tahun fiskal mereka di 2020 (April 2020).
 
QC terbaru mereka ini, tentu masih dikhususkan untuk para pengguna Outlander PHEV. Meski tak menutup kemungkinan nantinya akan membangun fasilitas yang bisa digunakan semua mobil listrik. Tapi karena sekarang mereka belum bisa menjualnya, sehingga ini lebih dikhususkan bagi pemilik Outlander PHEV secara cuma-cuma.
 
Selain itu mereka juga menjalin kerja sama Palang Merah Indonesia (PMI) melalui penyediaan unit Outlander PHEV untuk mendukung kegiatan kepalangmerahan. Termasuk kegiatan tanggap bencana dan kegiatan kemanusiaan lainnya.
 
MMKSI menegaskan bahwa mobil ini mampu memasok listrik dalam kondisi darurat bencana selama paling tidak 10 hari dengan kekuatan 1.500 watt. Kemampuan ini diharapkan dapat menjadi bagian dalam upaya penanggulangan bencana yang dilakukan oleh PMI, seperti memasok listrik untuk pemurni air dan lain sebagainya.
 
Sementara pada tanggal 16 Oktober 2019, Mitsubishi Motors juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan PT PLN (Persero) sebagai langkah kongkrit dan komitmen bersama untuk mengimplementasikan PERPRES Nomor 55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif