Tips Knowledge

Shock Selang Rusak, Bikin Air Radiator Berkurang

M. Bagus Rachmanto 18 Mei 2018 12:38 WIB
tips knowledge
<i>Shock</i> Selang Rusak, Bikin Air Radiator Berkurang
Shock selang radiator yang sudah berumur, juga bisa jadi penyebab berkurangnya air radiator. Medcom.id/M Bagus Rachmanto
Jakarta: Salah satu masalah yang kerap muncul di mobil yang berusia di atas lima tahun atau lebih adalah radiator bocor. Menurut Fahmi, pemilik bengkel mobil Fahmi Jaya Motor, Bekasi Barat, Jawa Barat, kebocoran mobil di atas lima tahun juga bisa disebabkan shock selang radiator.

Kebocoran yang terjadi pada shock selang radiator, bisa dikategorikan sebagai bocor halus. Karena air tidak langsung menetes deras, bahkan biasanya tidak terlihat jelas.

Bocor halus ini baru akan terlihat setelah mesin dalam keadaan panas dan ditandai dengan keluarnya uap air melalui shock selang radiator.

"Uap air yang keluar akibat dari shock selang radiator yang telah rusak atau berkarat serta selang radiator yang dijepit oleh shock sudah rusak (keras) akibat usia pakai. Biasanya uap air yang keluar dari shock selang radiator akan berbekas (berkerak) berwarna putih," beber Fahmi.


Untuk kasus seperti ini air yang terdapat di radiator akan berkurang secara perlahan. Tapi ada baiknya periksa kondisi air radiator secara rutin atau sehabis menempuh perjalanan jauh serta setelah kendaraan terjebak macet yang cukup lama.

Jika kendaraan Anda sudah mengalami gejala seperti ini segera periksa dan perbaiki bila tak ingin mengalami mogok di jalan akibat mesin mobil Anda panas.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id