Lampu model bersusun yang terpasang di New Avanza bukan yang pertama, lantaran Voxy dan Vellfire lebih dulu menggunakannya. istimewa/Toyota
Lampu model bersusun yang terpasang di New Avanza bukan yang pertama, lantaran Voxy dan Vellfire lebih dulu menggunakannya. istimewa/Toyota

Lampu New Avanza-Xenia, Penyeragaman Identitaskah?

Otomotif toyota mobil baru
Ahmad Garuda • 04 Januari 2019 17:45
Jakarta: Foto-foto New Toyota Avanza dan New Daihatsu Xenia yang mulai tersebar sejak Rabu (2/1/2019), masih jadi topik hangat dibicarakan pecinta otomotif nasional. Pro dan kontra sudah menjadi bahan diskusi alot, terutama soal perubahan rupa mobil tersebut.
 
Salah satu hal yang menjadi bahan perdebatan besar adalah soal desain lampu yang basisnya sama dengan versi sebelumnya, namun kini terbagi dua. menurut analisa kami dan juga sebagian besar warganet, bahwa ini adalah bahasa desain yang ingin disampaikan oleh Toyota.
 
Bukan tanpa alasan, beberapa produk mereka juga menggunakan desain lampu yang serupa. Misalnya desain lampu utama Toyota Voxy dan Toyota Vellfire. Kedua mobil tersebut menjadi varian yang paling mirip dan jadi inspirasi buat Avanza.
Lampu New Avanza-Xenia, Penyeragaman Identitaskah?
Hingga saat ini pun kami belum mendapat tanggapan dari pihak Toyota maupun Daihatsu. Biasanya keterangan soal desain akan mereka utarakan saat peluncuran produknya nanti. Namun indikasi soal penyamaan bahasa desain ini sudah menyeruak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa waktu lalu saat Medcom.id berbicara dengan Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto, Ia menegaskan bahwa penyegaran yang bakal mereka lakukan takkan ekstrim. Mengingat Low MPV mereka itu sudah sesuai dengan keinginan masyarakat.
 
Buktinya bisa dilihat dari data penjualan keseluruhan mobil tersebut. Meski dibombardir dengan dua model low MPV terbaru yaitu Mitsubishi Xpander dan Suzuki All New Ertiga, namun Toyota Avanza tetap jadi mobil terlaris. "Avanza terbaru sudah sesuai keinginan konsumen di Indonesia."
 
Tentang adanya perubahan identitas lampu ini, memang dicurigai banyak orang bakal jadi bahasa desain baru Toyota terhadap produk-produk terbarunya. Kemungkinan pula ini dilakukan sebelum nantinya basis lampu yang digunakan berubah dan mengikuti pola identitas lampu bersusun ala Voxy dan Vellfire.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif