Mitsubishi Pajero menjadi cikal bakal hadirknya Pajero Sport. Mitsubishi
Mitsubishi Pajero menjadi cikal bakal hadirknya Pajero Sport. Mitsubishi

Sejarah Mobil

Sejarah Mitsubishi Pajero Sport, SUV dengan DNA Dakar Rally

Otomotif mitsubishi
Ekawan Raharja • 28 Juli 2020 15:21
Jakarta: Persaingan SUV Ladder frame di Indonesia cukup menarik dengan adanya tiga model yang banyak dikenal yakni Nissan Terra, Toyota Fortuner, dan Mitsubishi Pajero Sport. Khusus untuk dua nama terakhir persaingannya cukup sengit dengan menawarkan keunggulannya masing-masing.
 
Membahas Pajero Sport, mobil yang diniagakan sekarang ini sudah memasuki generasi ketiga sejak pertama kali diperkenalkan pada 1996. Mobil ber-body bongsor ini lahir berkat pengembangan dari model Pajero yang handal bertahan di ganasnya Dakar Rally selama bertahun-tahun.
 
"Pajero Sport lahir dari DNA Pajero yang sukses meraih kemenangan terbanyak di ajang reli Dakar dengan 12 gelar. Kesuksesan itu yang menjadi cikal bakal pengembangan model Pajero Sport," ungkap ujar Presiden Direktur PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia, Naoya Nakamura, melalui keterangan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Generasi Pertama
Sejarah Mitsubishi Pajero Sport, SUV dengan DNA Dakar Rally
 
Ketika pertama kali muncul pada 1996, mobil ini memiliki nama Challenger dan dipasarkan untuk domestik Jepang saja. Generasi awal ini sangat cenderung dengan desain kotak yang menegaskan kesan gagah.
 
Setahun kemudian, pabrikan berlogo tiga berlian ini mulai melakukan ekspor ke berbagai negara. Sejumlah negara memiliki nama-namanya sendiri seperti Pajero Sport di pasar Eropa dan Indonesia, Montero Sport di Amerika dan sekitarnya, Shogun Sport di Inggris, atau Strada G-Wagon untuk pasar Thailand.
 
Generasi Kedua
Sejarah Mitsubishi Pajero Sport, SUV dengan DNA Dakar Rally
 
Pada 2009 mulai dipasarkan generasi kedua di Indonesia dengan mengusung konsep All Round Family SUV. Rancang bangunnya dibuat lebih ramah untuk area perkotaan, sehingga tetap nyaman digunakan sehari-hari.
 
Saat itu mesin yang digunakan adalah 2.500 cc DOHC Commonrail Turbocharged and Intercooled, 4 Cylinder In-line (4D56) yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 136 PS dan torsi maksimum 324 Nm. Kemudian dua tahun berselang, Mitsubishi Motors memberikan tambahan teknologi Variable Geometry Turbo (VGT) di mesin 2.500 cc DI-D Commonrail.
 
Uniknya di 2014, lahir Pajero Sport paling ganas dengan konfigurasi mesin bensin. Kala itu tersemat mesin V6 MIVEC 3.000 cc bertenaga 220 PS.
 
Generasi Ketiga
Sejarah Mitsubishi Pajero Sport, SUV dengan DNA Dakar Rally
 
Akhirnya generasi ketiga pun hadir di tahun 2016 dengan mengusung tampilan baru dan lebih modern. Ciri khas yang paling mencolok adalah desain Dynamic Shield di bagian fascia.
 
Dapur pacu juga dilengkapi dengan mesin baru 4N15 2.400 cc MIVEC dengan tenaga maksimal 181 PS dan torsi maksimal 430 Nm. Selain itu saluran tenaga juga mendapatkan gearbox baru baru otomatis 8-percepatan.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif