Avanza masih menjadi salah satu tulang punggung penjualan Toyota di tanah air, Toyota
Avanza masih menjadi salah satu tulang punggung penjualan Toyota di tanah air, Toyota

Ini Prediksi Pasar Otomotif 2020 dari Toyota

Otomotif toyota industri otomotif
Ekawan Raharja • 08 Desember 2019 14:20
Jakarta: Pasar otomotif Indonesia di 2019 akan segera berakhir dengan penurunan pasar sekitar 11 persen dibandingkan kondisi 2018. Jelang masuk ke 2020, Toyota sudah mulai bersiap-siap dan memiliki prediksi terhadap pasar.
 
Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmy Suwandy, yakin akan ada kenaikan di 2019. Meski demikian, kenaikan ini tidak akan banyak atau kemungkinan setara dengan total penjualan di 2018.
 
"Tidak akan jauh berbeda dengan sekarang, kalau tahun ini pasar di angka satu juta plus. Kalau di 2020 tidak ada isu apa-apa, mudah-mudahan bisa naik," ungkap Anton di Plaza Senayan Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anton mengakui jika 2019 ini memang ada perlambatan dan membuat pasar turun dibandingkan 2018. Penyebabnya ada dua hal, yakni faktor politik dan kondisi ekonomi global yang kurang baik yang akhirnya membuat daya beli berkurang.
 
Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto, membagikan data penjualan wholesales Toyota per Oktober 2019 masih di kisaran 275.374 unit atau turun 6,2 persen, Sedangkan data retail untuk periode yang sama di angka 267.912 unit atau turun 7,8 persen.
 
"Untung penurunan Toyota tidak sebesar penurunan total pasar otomotif," tulis Fransiscus Soerjopranoto melalui pesan singkatnya kepada Medcom.id.
 
Soal strategi di 2020, Anton menambahkan sudah akan menjalani strategi yang ada untuk menguatkan pelayanan kepada konsumen. Kemudian soal mobil baru, dia pun masih merahasiakannya. "Nanti saja untuk mobil baru, saya belum bisa komentar."
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif