Bentuk nyatanya dukungan ini berbentuk sejumlah kegiatan online yang harapannya bisa mendorong bergairahnya dunia modifikasi dan aftermarket di tengah keterbatasan. NMAA
Bentuk nyatanya dukungan ini berbentuk sejumlah kegiatan online yang harapannya bisa mendorong bergairahnya dunia modifikasi dan aftermarket di tengah keterbatasan. NMAA

Industri Otomotif

Pelaku Aftermarket & Modifikasi Didorong Tetap Kreatif Saat Pandemik

Otomotif industri otomotif modifikasi mobil komponen aftermarket
Ekawan Raharja • 31 Mei 2020 18:02
Jakarta: Di tengah kondisi sulit sekarang ini, semua sektor harus kreatif dan menyesuaikan dengan kondisi pandemik Covid-19. Bahkan para pelaku modifikasi dan aftermarket harus bisa menyesuaikan diri agar tetap bisa bertahan.
 
National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) dan Indonesia Modification Expo (IMX) mendukung perkembangan dunia modifikasi dan komponen aftermarket Tanah Air. Salah satunya dengan secara aktif mendorong para anggota mereka lebih kreatif lagi dan memanfaatkan ranah digital di tengah masa pandemi Covid-19.
 
Bentuk nyatanya dukungan ini berbentuk sejumlah kegiatan online yang harapannya bisa mendorong bergairahnya dunia modifikasi dan aftermarket di tengah keterbatasan. Beberapa kegiatan online yang diadakan sukses menggaet ratusan peserta dengan melibatkan beberapa perusahaan komponen aftermarket, modifikator, dan didukung pembekalan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin RI).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami tak menyangka jika kegiatan webinar secara daring, justru menarik banyak perhatian khalayak. Perhatian khalayak ternyata tak berhenti begitu saja. Untuk beberapa merek aftermarket dan modifikator yang dilibatkan justru membawa berkah penjualan,” ujar NMAA founder sekaligus IMX Project Director, Andre Mulyadi, melalui keterangan resminya.
 
Di tengah pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dunia usaha memang wajib kreatif dalam melaksanakan pemasaran. Peran NMAA dan IMX dalam hal ini adalah mempertemukan pasar yang potensial untuk produk aftermarket atau jasa modifikasi yang dibutuhkan dengan menggandeng market place Tokopedia. Karena sebenarnya, hampir semua pelaku industri modifikasi sudah mengubah cara berjualan mereka melalui online platform dan market place. Terbukti dari meningkatnya nilai transaksi penjualan kategori otomotif di Tokopedia yang sejak 2019 lalu sampai saat ini mencapai 22 kali lipat.
 
"Konsep penjualan online yang kami lakukan juga dibarengi dengan program promo. Misalnya untuk setiap pembelian headlamp kami beri gratis fog lamp,” ujar Punggawa Yoong Motor Group, Yomin Sugianto.
 
Selain itu, V-Kool Indonesia memperkuat penetrasi penjualannya dengan sistem jemput bola. “Penjualan kita bergantung pada penjualan otomotif. Secara internal kita lakukan perbaikan ke dalam. Sales giat service dan jemput bola tidak bisa santai. Kita jemput bola kami bisa pasang ditempat dengan tetap patuhi protokol kesehatan,” ujar Business Development Director PT V-Kool Indo Lestari, Lianto Winata.
 
“Untuk penggantian interior mobil, konsumen tidak perlu keluar rumah. Dengan perjanjian, tim kami yang akan membongkar pasang interior mobil di lokasi konsumen dan mengerjakannya di workshop. Selain itu saat ini kami juga melayani fogging interior mobil di rumah konsumen, yang bisa menjaga interior mobil tetap bersih dan sehat,” bilang Pemilik Vertue Concept, Edy.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif