Sejumlah lini mobil hybrid Toyota. Toyota
Sejumlah lini mobil hybrid Toyota. Toyota

Ribuan Unit Mobil Hybrid, sudah Mengaspal di Indonesia

Otomotif toyota mobil listrik
Ekawan Raharja • 11 Oktober 2019 09:06
Jakarta: Keberadaan mobil listrik belakangan cukup ramai lantaran Presiden Joko Widodo mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai kendaraan listrik. Meski peraturan ini baru disahkan pada 2019 ini, nyatanya sudah banyak masyarakat Indonesia yang mempunyai mobil listrik.
 
Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, menjelaskan Toyota Indonesia sudah menjual mobil listrik berteknologi hybrid sejak 2007 dengan kehadiran Toyota Prius. Semakin ke sini, lini mobil hybrid merek nomor satu di Indonesia ini semakin lengkap dan sudah terjual ribuan unit selama 10 tahun belakangan. Total penjualan mobil hybrid Toyota brand di Indonesia menjadi lebih dari 2.200 unit.
 
"Minat masyarakat terhadap mobil elektrifikasi semakin tinggi. Hal ini sejalan dengan sosialisasi kebijakan pengembangan industri mobil elektrifikasi yang dilakukan pemerintah, peningkatan minat masyarakat itu tentu juga tidak terlepas dari meningkatnya kesadaran terhadap lingkungan hidup. Dan yang tidak kalah penting, pengetahuan konsumen terhadap mobil elektrifikasi juga semakin luas," ungkap Anton Jimmy Suwandy Kamis (10/10/2019) di Bali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara total, penjualan mobil hybrid Toyota brand di Indonesia sejak 2007 hingga Agustus 2019 mencapai 2.284 unit. Toyota Camry Hybrid merupakan mobil hybrid yang paling banyak terjual selama kurun waktu tersebut yaitu sebanyak 1.469 unit, atau berkontribusi sekitar 64,3 persen dari total penjualan hybrid Toyota, diikuti oleh Toyota C-HR Hybrid sebanyak 245 unit yang berkontribusi sekitar 10,7 persen dari total penjualan.
 
Ribuan Unit Mobil Hybrid, sudah Mengaspal di Indonesia
 
Deputy Division Head Marketing Planning Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Andri Widiyanto, menambahkan dengan kondisi sekarang ini, mobil listrik berteknologi hybrid sudah paling tepat di Indonesia. Mengingat sampai sekarang ini belum banyak fasilitas pengecasan umum apabila menggunakan mobil dengan teknologi sepenuhnya listrik.
 
"Konsumen tidak perlu bingung dengan mobil hybrid, karena tetap bisa berjalan tanpa harus di cas. Bahkan dengan mobil hybrid, konsumen bisa tetap bepergian jauh keluar kota sekalipun," sambungnya di kesempatan terpisah.
 
Ucapan Andri Widiyanto dibuktikan oleh dengan kegiatan test drive dengan berkeliling di Banyuwangi Jawa Timur dan Bali pada 9-11 Oktober 2019. Di ini para peserta yang terdiri dari jurnalis diajak mencoba berbagai mobil hybrid dan plug-in hybrid milik Toyota.
 
Saat ini Toyota Indonesia merupakan merek mobil yang paling banyak mengeluarkan mobil hybrid dengan Camry Hybrid, C-HR Hybrid, Alphard Hybrid, dan Corolla Altis Hybrid. Selain itu konsumen bisa juga memilih Mitsubishi Outlander PHEV dan BMW i8 yang berteknologi plug-in hybrid, atau BMW i3 yang sepenuhnya bertenaga listrik.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif