All New Toyota Corolla kini menggunakan teknologi hybrid. Medcom.id/Ekawan Raharja
All New Toyota Corolla kini menggunakan teknologi hybrid. Medcom.id/Ekawan Raharja

Toyota Indonesia Masih Berat untuk Produksi Corolla & Camry

Otomotif toyota industri otomotif
Ekawan Raharja • 13 September 2019 10:04
Jakarta: Toyota sekarang ini menawarkan Camry, Corolla Altis, dan Vios untuk konsumen di tanah air. Meski demikian, dari ketiga model sedan tersebut, hanya Vios yang diproduksi di dalam negeri dan dua lainnya didatangkan secara utuh dari luar negeri.
 
All New Camry dan All New Corolla Altis yang baru diperkenalkan didatangkan secara utuh dari Thailand. Mengingat hingga kini Toyota Indonesia masih belum berminat untuk memproduksi keduanya di tanah air.
 
"Pertama-tama, All New Corolla Altis datang dari CBU (completely build-up) Thailand. Saat ini sedan masih impor karena market sedan di Indonesia masih kecil, di bawah 1 persen (dari total pasar mobil). Jadi saat ini produksi lokal masih fokus di MPV dan SUV," ungkap Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmy Suwandy, Kamis (12/9/2019) di The Pallas Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pria murah senyum ini juga menggambarkan bahwa pasar sedan cukup sulit di tanah air. Hal ini tercermin dari penjualan Camry yang baru saja diperkenalkan di awal 2019 dan Corolla Altis generasi sebelumnya.
 
Toyota Indonesia Masih Berat untuk Produksi Corolla & Camry
 
Disebutkan bahwa di awal tahun, penjualan Camry sempat turun di bawah 100 unit per bulan dan menyentuh 50 unit per bulan. Hanya saja untuk targetnya, diprediksi hingga akhir tahun bisa tembus di 100-150 unit per bulan.
 
Sedangkan untuk Corolla Altis sebelumnya terjual 50 unit per bulan. Sedangkan untuk All New Corolla Altis yang diperkenalkan ini diprediksi bisa mencapai 60-70 unit per bulan.
 
"Saya rasa dibandingkan total memang tidak besar tapi untuk penjualan sedan sudah lumayan. Corolla Altis kita harapkan penjualan lebih naik dari generasi sebelumnya, apalagi aturan kedepannya tidak ada lagi sedan dan non-sedan, rasanya ada peluang bagi sedan untuk berkembang lagi."
 
Segmen sedan di Indonesia memang tidak se-favorit MPV atau SUV, dan sejumlah merek mobil di Indonesia tidak menawarkan model sedan. Sebagai contoh Daihatsu, Mitsubishi, DFSK, Wuling Motors, Suzuki, atau Nissan sudah tidak memasarkan model sedan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif