Penjualan Daihatsu cenderung meningkat di Januari 2017. ADM
Penjualan Daihatsu cenderung meningkat di Januari 2017. ADM

Sigra Masih Jadi Tulang Punggung Daihatsu

Otomotif industri otomotif
M. Bagus Rachmanto • 14 November 2019 10:48
Jakarta: Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) produksi kendaraan penumpang kuartal III/2019 naik 4,77% menjadi 99.440 unit, dari 94.907 unit pada periode yang sama tahun lalu. Adapun, produksi kendaraan komersial turun 15,44% menjadi 20.257 unit.
 
Sementara itu, produksi kendaraan penumpang pada Januari-Agustus 2019 turun 2,28% atau minus 15.885 unit, dari realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 693.769 unit menjadi 677.914 unit. Di samping itu, produksi kendaraan komersial anjlok 18,79% menjadi 153.794 unit.
 
Meski begitu, agen pemegang merek (APM) masih berharap di penghujung tahun 2019 penjualan mereka masih bisa tinggi. Mengingat kondisi perekonomian secara nasional yang belum memberikan dampak positif terhadap daya beli konsumen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terkait pasar otomotif, seperti dalam siaran pers PT Astra Daihatsu Motor (ADM), penjualan retail sales nasional periode Oktober 2019 mengalami kenaikan.
 
Tercatat market share untuk penjualan ritel Daihatsu pada Oktober 2019, mengalami kenaikan sekitar 17,6% dibandingkan September lalu sebesar 15,9%.
 
Daihatsu juga mencatat total angka retail sales mencapai 15.578 unit, dan whole sales sebesar 17.530 unit. Jika dibandingkan dengan bulan September sebelumnya, secara volume, penjualan Daihatsu mengalami peningkatan pada retail sales, sebesar 18,8% dari 13.112 unit, menjadi 15.578 unit.
 
Sigra jadi varian dengan angka penjualan tertinggi. Idola baru di bawah low MPV itu, rupanya punya daya tarik sangat tinggi. Apalagi jika dibandingkan dengan kompetitornya, Sigra punya serangkaian pilihan dan tipe. Sehinga banyak menjangkau kalangan yang ingin naik kelas.
 
Pada penjualan retail sales Daihatsu pada Oktober 2019 didominasi Sigra dengan 4.436 unit atau berkontribusi sekitar 28,5% terhadap penjualan Daihatsu.
 
Selain itu, penjualan terbesar lainnya juga disusul oleh GranMax (PU) 3.336 unit (21,4%), dan Terios 2.075 unit (13,3%). Untuk Ayla, GranMax (MB) dan Xenia berada di angka 1.600 – 1.900-an unit (10-12%).
 
Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, hampir semua model Daihatsu mengalami tren positif pada penjualan ritelnya.
 
“Kami bersyukur, penjualan Daihatsu menunjukkan tren positif, dengan kenaikan hampir di seluruh model Daihatsu. Hal ini, didukung oleh program-program penjualan yang Daihatsu lakukan,” ujar Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif