Sebagai pencapaiannya, P1 bisa melaju hingga 34 kilometer per jam, dan menjelajah sejauh 78 kilometer. Porsche
Sebagai pencapaiannya, P1 bisa melaju hingga 34 kilometer per jam, dan menjelajah sejauh 78 kilometer. Porsche

Basis Porsche Taycan sudah Tercipta Sejak 1898?

Otomotif mobil listrik porsche
Ekawan Raharja • 07 Juni 2019 15:32
Jerman: Sekarang ini Porsche sedang mengembangkan mobil listrik yang diberi nama Taycan. Jika melirik sejarah Porsche, ternyata Taycan bukanlah proyek pertama mobil listrik Porsche.
 
Pendiri Porsche, Ferdinand Porsche, pernah membuat Porsche P1 atau dikenal dengan nama lainnya Egger-Lohner electric vehicle. Mobil lansiran 1898 ini digerakan dengan tenaga 100 persen dari listrik di bawah merek Jacob Lohner.
 
Pemilik Jacob Lohner, Ludwig Lohner, melihat bahwa era menggunakan kuda dan gerobah sudah berakhir. Dia pun meminta Ferdinand Porsche untuk membuat sebuah kendaraan dengan basis tenaga listrik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Basis Porsche Taycan sudah Tercipta Sejak 1898?
 
Akhirnya Ferdinand Porsche yang berumur 22 tahun membuat motor listrik berbentuk oktagonal yang digerakan oleh baterai. Kemudian sistem girnya cukup rumit karena mencapai 12 percepatan, dimana enam untuk maju ke depan, dua untuk mundur, dan empat untuk melakukan pengereman.
 
Sebagai pencapaiannya, P1 bisa melaju hingga 34 kilometer per jam, dan menjelajah sejauh 78 kilometer. Performa ini bisa dicapai dengan motor listrik bertenaga maksimal 5 daya kuda.
 
Ferdinand Porsche juga sempat mengikuti balapan mobil listrik di Berlin, Jerman, dengan P1. Mobil ini harus melakukan perjalanan sejauh 38 kilometer dengan empat orang penumpang (termasuk sopir).
 
Basis Porsche Taycan sudah Tercipta Sejak 1898?
 
Alhasil P1 menjadi yang terdepan menyentuh garis akhir. Bahkan pesaing terdekatnya baru bisa menyentuh garis akhir 18 menit setelahnya.
 
Saat ini P1 sudah dimusiumkan di Porsche Museum di Stuttgart, Jerman. Dan bisa menjadi bukti bahwa Taycan bukanlah mobil listrik pertama dari Porsche.
 
Secara performa tentu saja kemampuan jauh dari P1. Namun untuk pencapaian yang ada di 1898 tentu saja sangat baik, dan salah satu yang terbaik dari mobil listrik di eranya itu.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif