Pembangunan jalan tol memberikan peluang bagi bisnis pembayaran transportasi. Medcom.id/Ahmad Garuda
Pembangunan jalan tol memberikan peluang bagi bisnis pembayaran transportasi. Medcom.id/Ahmad Garuda

Jalan Tol

Jalan Tol Meningkat, Peluang Bagi Bisnis Pembayaran Transportasi

Otomotif Jalan Tol
Ekawan Raharja • 22 November 2020 11:40
Jakarta: Pemerintah sekarang ini sedang menggenjot sektor infrastruktur, termasuk di dalamnya adalah pembuatan jalan tol. Selain meningkatkan mobilitas masyarakat, pembangunan jalan tol memberikan efek kepada perekonomian masyarakat serta menciptakan peluang bisnis pembayaran transportasi.
 
Direktur Utama PT Delameta Bilano, Tri Bayu Wicaksono, menjelaskan Pemerintah menargetkan hingga tahun 2024 akan ada jalan tol baru sepanjang 2.500 km. Hal ini kemudian menghadirkan peluang untuk bisnis pembayaran di jalan tol mengingat sistem yang ada sekarang sudah berbasis elektronik.
 
"Melihat data itu, potensi bisnis sistem pembayaran transportasi sangat besar. Apalagi, ada bisnis replacement, karena biasanya perangkat harus diganti setelah masa pakai lima tahun," kata Bayu Sabtu (21/11/2020) dalam diskusi virtual Bisnis Sistem Transportasi di Tengah Pandemi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menuturkan, bisnis sistem pembayaran transportasi menggeliat sejak mandatori penggunaan uang elektronik untuk pembayaran tol. Hal ini mendorong operator mencari sistem pembayaran yang dapat mendukung operasional. Pada titik ini, perusahaan sistem pembayaran membantu operator menjalankan bisnis secara efisien, mencegah terjadinya fraud, dan memperlancar arus keluar masuk kendaraan.
 
Delameta sebagai perusahaan teknologi sistem transportasi berbasis riset dalam negeri menawarkan sistem pembayaran jalan tol yang komplit, mulai dari automatic vehicle classification (AVC), loop vehicle sensor, collecting terminal machine, infra merah, palang atau lane barrier system, electronic toll collection (ETC), CCTV, variable message sign (VMS), hingga plate recognition. Sistem pembayaran yang mereka miliki juga sudah terpasang di 21 ruas tol, seperti Jagorawi, Jakarta-Tangerang, dan Balikpapan-Samarinda.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif