General Motors akan menghentikan penjualan Chevrolet per Maret 2020. MI/Ramdani
General Motors akan menghentikan penjualan Chevrolet per Maret 2020. MI/Ramdani

Chevrolet akan Kesulitan Bila Kembali Jualan di Indonesia

Otomotif general motors industri otomotif chevrolet autogear
Ekawan Raharja • 11 November 2019 08:41
Jakarta: General Motors (GM) sudah mengumumkan menghentikan penjualan merek mobil Chevrolet di Indonesia per akhir Maret 2020. Secara tidak langsung, merek ini pamit dari Indonesia dan dinilai akan sulit jika kembali ke tanah air.
 
Pengamat otomotif, Bebin Djuana, menilai dengan pamitkan Chevrolet di Indonesia akan memberikan kesan tidak baik bagi konsumen di tanah air. Khususnya akan memberikan efek negatif kepada para konsumen setia dan konsumen yang baru saja membeli mobil Chevrolet.
 
"Saya lihatnya sayang aja, bangun kepercayaan publik terhadap sebuah merek itu kan susah. Ketika sudah ada yang suka dengan merek tersebut, terus main tinggal gitu aja, kesannya kayak digeletakan gitu aja. Buat saya itu tidak bagus," kata Bebin beberapa waktu lalu di Senayan Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya konsumen yang suka dengan merek Chevrolet akan tersakiti. Begitu juga konsumen yang baru membeli mobilnya akan merasakan kecewa.
 
"Pengaruh jangka panjang pasti ada dan tidak mudah untuk kembali. Sebetulnya membuat keputusan untuk angkat kaki dari sebuah negara itu mesti dipikirkan panjang-panjang."
 
Selain itu, Bebin juga menilai berhentinya penjualan Chevrolet di tanah air tidak banyak berpengaruh terhadap industri otomotif tanah air. "Kebetulan volume merek tadi tidak terlalu besar. Jadi terhadap otomotif industri di Indonesia domestik tidak tidak ada pengaruhnya," sambungnya.
 
Melihat data wholesales Gaikindo sepanjang 2018, Chevrolet hanya berhasil menjual 2.509 unit atau 0,2 persen total pasar yang waktu itu mencapai 1,151 juta unit. Begitu juga dengan retail sales Gaikindo menunjukan Chevrolet sepanjang 2018 hanya berhasil menjual 2.444 unit atau masih 0,2 persen dari total pasar.
 
Beralih ke 2019, periode Januari-September 2019, nasib lebih nahas malah dialami oleh Chevrolet. Penjualan mereka turun cukup drastis dan semakin kalah bersaing dengan sejumlah pemain di tanah air. Data wholesales Chevrolet 2019 menunjukan hanya berhasil menjual 970 unit dan retail salesnya di angka 1.237 unit.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif