Target penjualan mobil di 2019 diharap meningkat. Medcom.id/Ahmad Garuda
Target penjualan mobil di 2019 diharap meningkat. Medcom.id/Ahmad Garuda

Peluang Indonesia Tingkatkan Kapasitas Produksi Mobil

Otomotif industri otomotif
Ekawan Raharja • 24 Januari 2019 17:24
Jakarta: Industri otomotif Indonesia sekarang ini memiliki kapasitas produksi 2,2 juta unit per tahun. Sayangnya total kapasitas produksi tersebut, Indonesia baru bisa memanfaatkan 1,3 juta unit.
 
Seketaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kukuh Kumara, menjelaskan industri otomotif Indonesia memiliki peluang yang besar untuk meningkatkan kapasitas produksi ini. Bila kapasitas produksi dimaksimalkan, maka perekonomian Indonesia akan terbantu.
 
"Sekarang ini ada sekitar satu juta orang yang bekerja di industri otomotif Indonesia. Bayangkan bisa dimaksimalkan itu hampir naik dua kali lipat. Jumlah pekerja formal meningkat, mereka memiliki pendapatan yang pasti setiap bulannya, daya beli menjadi pasti, dan ekonomi Indonesia bisa terbantu," terang Kukuh Kamis (24/1/2019) di Thamrin Nine Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketua I Gaikindo, Jongkie D Sugiarto, menjelaskan ada banyak cara untuk meningkatkan kapasitas terpasang industri Indonesia. Hal yang paling terasa dengan menyediakan berbagai jenis model yang diproduksi di Indonesia.

"Kita sediakan berbagai jenis model, industri kita produksi sedan, SUV, pikap, dan model aneka lainnya. Jadi kalau ada negara lain yang membutuhkan mobil bisa membelinya dari kita, dan ini akan meningkatkan ekspor negara kita," jelasnya.
 
Selanjutnya harmonisasi pajak juga bisa menjadi kunci untuk diversivikasi model di Indonesia. Penyelarasan pajak bisa membuat pabrikan terpacu untuk membuat berbagai model, dan akhirnya bisa meningkatkan juga pasar di dalam negeri.
 
"Ibarat di negara kita, kita sediakan berbagai macam menu. Jangan kalah sama Thailand," jelas Jongkie.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi