Ilustrasi uji emisi kendaraan. ANT/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi uji emisi kendaraan. ANT/Aditya Pradana Putra

Emisi Kendaraan

Kualitas Pembakaran Mesin Berpengaruh Terhadap Kualitas Lingkungan

Otomotif Lingkungan emisi kendaraan bosch Busi Busi Mobil
Ekawan Raharja • 26 Januari 2022 16:00
Jakarta: Kondisi lingkungan, khususnya udara, dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tentu saja kendaran bermotor menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kondisi udara kurang baik karena polusi yang dihasilkan.
 
Situs IQAir, platform informasi kualitas udara real-time gratis terbesar di dunia, menempatkan Indonesia di peringkat kesembilan negara paling berpolusi secara global pada tahun 2020. Bahkan, menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk daftar 10 besar.
 
Kementerian Perhubungan Darat juga pernah mengeluarkan data bahwa 60 persen polusi di Indonesia disebabkan oleh pemakaian kendaraan bermotor. Channel Marketing Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia, Arditya Wicaktama, juga mengamini kualitas pembakaran mesin kendaraan bermotor memang berpengaruh terhadap kadar emisi gas buang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Proses pembakaran yang ideal berpengaruh pada kualitas gas buang kendaraan pada ambang yang masih bisa ditolerir. Sementara, baik buruknya kualitas pembakaran dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu komponen pemercik api atau busi; kondisi ruang bakar; dan kualitas bahan bakar. Salah satu cara untuk menjaga proses pembakaran mesin agar tetap ideal adalah dengan melakukan perawatan kendaraan secara berkala,” jelas Arditya Wicaktama melalui jumpa pers virtualnya.
 
Ucapan dari Arditya ini juga didukung oleh survey yang dilakukan oleh  perusahaannya dengan melakukan pengujian emisi terhadap sejumlah mobil secara acak. Tes tersebut membandingkan performa mesin kendaraan yang sebelum dan sesudah pembersihan ruang bakar, serta penggunaan busi bawaan mobil dibandingkan busi produksi Bosch.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif