Mekanik mendapatkan satu program yang dikonteskan di nasional kontes 2018 milik Mitsubishi. Mitsubishi
Mekanik mendapatkan satu program yang dikonteskan di nasional kontes 2018 milik Mitsubishi. Mitsubishi

Kompetisi Layanan Purnajual, SDM Harus Tetap Diasah

Otomotif mitsubishi
Ekawan Raharja • 18 Januari 2019 09:07
Jakarta: Hampir semua produsen otomotif menawarkan mobil-mobil yang berkualitas dengan kemampuan dan harga yang kompetitif. Jika produk yang ditawarkan antar produsen mobil semakin mirip, maka layanan purnajual menjadi kunci selanjutnya.
 
Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Irwan Kuncoro, menjelaskan pabrikan berlogo tiga berlian terus berusaha untuk meningkatkan kualitas layanan agar memuaskan para pelanggan. Program dan praktik yang terlaksana di keseharian proses bisnis tentu menjadi faktor penting dalam pengalaman, penilaian, serta presepsi yang baik dari pelanggan terhadap Mitsubishi di Indonesia.
 
Selain ditunjang dengan peralatan yang modern, potensi dan kualitas sumber daya manusia (SDM) harus ikut dikembangkan. Tujuannya jelas agar memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kompetisi Layanan Purnajual, SDM Harus Tetap Diasah
 
Cara yang paling lazim digunakan oleh produsen otomotif untuk meningkatkan skill SDM di sektor purnajual dengan mengadakan kontes. MMKSI tidak ketinggalan dengan mengadakan National Contest bagi seluruh lapisan tenaga kerja di diler Mitsubishi Motors seluruh Indonesia.
 
“National Contest untuk tenaga sales, aftersales, dan customer satisfaction officer (CSO) Mitsubishi Motors merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan MMKSI dengan tujuan meningkatkan kualitas layanan garda depan dealer yang dibangun dengan semangat kompetisi. Melalui Kontes ini diharapkan seluruh lini tenaga dealer dapat bekerja sama berkompetisi memberikan layanan terbaik dan tingkat kepuasan yang tinggi bagi pelanggan di Indonesia,” ungkap Irwan Kuncoro melalui keterangan resminya.
 
Kompetisi Layanan Purnajual, SDM Harus Tetap Diasah
 
Di kontes nasional kali ini, ada tiga program yang diperlombakan yakni Sales Appraisal Program, Aftersales Contest, CSO PDCA Contest. Kontes ini diadakan beberapa tahap seleksi selama 2018, dan puncaknya adalah Final National Contest pada 15–16 Januari 2019.
 
Sudah pasti tidak hanya Mitsubishi saja yang mengadakan kontes semacam ini untuk menjaga kualitas atau meningkatkan kemampuan SDM. Sebut saja Honda, Suzuki, atau bahkan Daihatsu yang kerap melakukan hal serupa. Di roda dua pun tidak mau kalah karena Honda dan Yamaha juga rutin menggelar kontes mekanik dan tenaga purnajual lainnya setiap tahun.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif