Tips knowledge

Mobil Eks Pertambangan, Solusi Hemat Salurkan Hobi Off Road

M. Bagus Rachmanto 19 Oktober 2018 17:30 WIB
tips knowledge
Mobil Eks Pertambangan, Solusi Hemat Salurkan Hobi Off Road
Mobil double cabin eks pertambangan untuk bahan mobil off-road. MTVN/
Jakarta: Off road merupakan hobi otomotif yang bisa dibilang cukup mahal. Butuh mobil spesifikasi khusus yang mumpuni untuk dipakai melintasi medan berat.

Menggunakan mobil 4x4 keluaran terbaru untuk main off-road bisa dibilang mubazir. Pasalnya akan banyak komponen yang dilepas dan dimodifikasi untuk menyesuaikan kebutuhan.
 
Untuk Anda yang baru akan memulai hobi ini dan berniat membangun mobil off road, Aizar Rifky Wirakusuma dari bengkel Kiki Motor mengatakan, bisa menggunakan mobil eks pertambangan atau asal Kalimantan.

"Mobil-mobil double cabin bisa jadi pilihan, harga mobil eks tambang juga lebih terjangkau. Ada yang dibawah Rp100 juta juga," katanya.

Pilihan mobil eks tambang biasanya Ford Ranger, Toyota Hilux, Isuzu D-Max, Mitsubishi L200 dan banyak lagi. "Umumnya eks tambang sudah gerak empat roda," tambah pebengkel yang berada di Cilincing, Jakarta Utara ini.


Setelah menebus mobil yang jadi bahan modifikasi, maka langkah berikut yang harus diperbaiki adalah bagian mesin dan kaki-kaki. "Kaki-kaki bisa juga diperkuat dan ganti ban dengan tapak kasar," terangnya.

Selanjutnya tambahkan rollbar untuk melindungi kabin, ketika mobil terbalik. Bisa juga dibuatkan body barr yang melindungi bodi dari benturan-benturan saat ber-off road ria.

Sedangkan untuk bodi, tak perlu terlalu klimis karena toh bakal masuk hutan, lumpur dan wilayah bebatuan. "Paling tidak, kesan kumelnya hilang sudah cukup kok," paparnya.

Estimasi biaya tentunya tergantung apa saja yang dimodifikasi. Tapi Rifky mengatakan, setidaknya paling sedikit habis biaya Rp50 juta dengan proses pengerjaan tiga bulan. Biaya tadi belum ditambah untuk keperluan membeli peralatan penunjang aktifitas off road seperti winch dan sebagainya.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id