Penjualan truk kini merambah marketplace otomotif. Dok Medcom.id
Penjualan truk kini merambah marketplace otomotif. Dok Medcom.id

Penjualan Kendaraan

Beli Mobil Truk Lewat Marketplace, Nongol di Momen Pandemik

Otomotif mitsubishi penjualan mobil
Ahmad Garuda • 01 September 2020 19:42
Jakarta: Pembelian kendaraan berupa motor dan mobil memang trennya sedang naik. Lalu bagaimana dengan membeli mobil truk? Mulai dari truk kecil hingga ukuran heavy duty, tentu dianggap candaan semata. Namun itu jadi anggapan sebelum masa pandemik berlangsung. Lantaran saat ini, industri truk pun mulai merambah segmen marketplace untuk menjajakan produknya.
 
Dituturkan oleh Direktur Sales & Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), Duljatmono, bahwa kondisi pandemik mengubah perilaku konsumen untuk berbelanja. Marketplace bahkan dianggap sebagai salah satu platform yang sudah lazim untuk melakukan pembelian apapun.
 
"Apa yang tidak bisa dibeli melalui marketplace sekarang ini? Makanya kami memilih untuk membuka akun official yang terhubung dengan tenaga penjual kami di 8 Area yang sudah mencakup seluruh wilayah di Indonesia. Ini menjadi strategi utama di momen pandemik, tentunya untuk tetap membuat konsumen bisa mengakses produk-produk terbaru dari Fuso," klaim Duljatmono yang akrab disapa dengan Pak Momon tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gayung pun bersambut, seperti harapan Momon sebagai perwakilan dari industri truk, AVP of Business Tokopedia, David Kartono yang menjadi marketplace di Indonesia, pun merasa bangga bahwa semua produk sudah bisa dilakukan pembelian lewat marketplace. Tentu ini menjadi cara baru untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan akan sistem transportasi dan angkutan barang.
 
Dalam official store Fuso di marketplace, terdapat 22 jaringan yang terbagi ke dalam 8 wilayah yaitu Sumatera bagian Utara, Sumatera bagian Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur (termasuk Bali & NTB), Kalimantan, serta Indonesia bagian Timur. Ini memudahkan konsumen melakukan transaksi berdasarkan domisili dari masing-masing konsumen.
 
“Kerja sama ini juga jadi komitmen memberikan kemudahan layanan kepada konsumen. Terlebih lagi dengan keterbatasan ruang gerak masyarakat akibat PSBB di masa pandemi, mengharuskan kami beradaptasi dengan kebutuhan konsumen untuk melakukan transaksi jarak jauh.”

Genjot Penjualan Lewat Online

Tidak disangkal, bahwa penurunan angka penjualan juga terjadi cukup drastis di segmen mobil truk. Paling tidak dengan penjajakan di segmen marketplace ini, bisa mempermudah akses bagi konsumen dan kontribusi positif pada kinerja penjualan mereka.
 
Hingga saat ini total penjualan Fuso selama Januari-Juli 2020 sebesar 13,646 unit dengan perolehan market share yang semakin mendominasi hingga 48.8 persen. Jika dibandingkan dengan merek-merek lainnya, terdapat kenaikan sebesar 5 poin dari periode yang sama di tahun lalu.
 
Tentu bukan hanya Fuso yang melek teknologi terutama soal penjualan lewat marketplace. Lantaran Hino juga sudah punya toko resmi di beberapa marketplace. Tinggal melihat sejauh mana efektifitas penjualan di marketplace nantinya.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif