Ilustrasi. Dok Medcom.id
Ilustrasi. Dok Medcom.id

PPKM Darurat

Jadi Dokumen Wajib Perjalanan, Ini Cara Membuatnya STRP

Otomotif lalu lintas PPKM Darurat
Ekawan Raharja • 12 Juli 2021 09:00
Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan perubahan dua surat edaran dalam rangka memperketat perjalanan menggunakan transportasi umum dan pribadi di masa PPKM Darurat. Bagi para pekerja yang tidak bisa melakukan work from home (WFH), khususnya di wilayah Jabodetabek, wajib memiliki Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) atau surat sejenis yang berlaku di daerah masing-masing.
 
Nah bagaimana cara membuat STRP? Mengingat surat 'sakti' ini penting bagi para pekerja di Jabodetabek selama masa PPKM Darurat. Sementara untuk pekerja di wilayah aglomerasi layaknya Jawa Barat, Semarang, Surabaya, dan lainnya akan disesuaikan dengan Pemda masing-masing.
 
STRP ini diwajibkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai surat kerja di sektor kritikal, esensial, serta perseorangan dengan kebutuhan mendesak. Surat untuk kebutuhan surat sektor kritikal dan esensial ini hanya bisa dibuat oleh pihak perusahaan, dan tidak bisa buat secara perorangan.
 
Bagi perusahaan di sektor kritikal dan esensial maka memerlukan syarat KTP pemohon, surat keterangan dari perusahaan, sertifikat vaksin, dan foto 4x6. Sedangkan untuk pemohon untuk kebutuhan mendesak bisa juga mebuat STRP dengan mempersiapkan KTP, sertifikat vaksin, dan foto berwarna 4x6.
 
Setelah syarat-syarat disiapkan, maka pemohon bisa mengakses situs https://jakevo.jakarta.go.id lalu mengisi formulir, mengupload, dan kemudian mengirimkan persyaratan. Lalu, berkas tersebut akan diverifikasi oleh UP PMPTSP. STRP akan diterbitkan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) maksimal lima jam sejak persyaratan dinyatakan lengkap.
 
Halaman Selanjutnya
  Penggunaan STRP ini diatur…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif