Pembelian kendaraan listrik kini bisa mengajukan DP 0 persen. Medcom.id/Ahmad Garuda
Pembelian kendaraan listrik kini bisa mengajukan DP 0 persen. Medcom.id/Ahmad Garuda

Mobil Listrik

Asiknya Kredit Mobil & Motor Listrik, Bisa Tanpa DP

Otomotif mobil listrik motor listrik
Ekawan Raharja • 02 Oktober 2020 16:00
Jakarta: Pemerintah terus berusaha untuk meningkatkan penjualan kendaraan di Indonesia, sekaligus mendorong pertumbuhan kendaraan ramah lingkungan. Baru-baru ini bahkan pemerintah sudah mengeluarkan peraturan pembelian kendaraan listrik bisa dilakukan tanpa uang muka (down payment/DP).
 
Hal ini disampaikan oleh Bank Indonesia yang menyempurnakan ketentuan uang muka bagi pemberian kredit kendaraan bermotor (KKB) berwawasan lingkungan menjadi 0 persen. Hal ini tertuang di dalam  Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 22/13/PBI/2020 tentang Perubahan Kedua atas PBI No. 20/8/2018 tentang Rasio LTV untuk Kredit Properti, Rasio FTV untuk Pembiayaan Properti, dan Uang Muka untuk Kredit atau Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PBI LTV/FTV dan Uang Muka).
 
Direktur Eksekutif/Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko, menjelaskan penyempurnaan PBI LTV/FTV dan Uang Muka merupakan tindak lanjut dari Keputusan Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan Agustus 2020. Hasilnya adalah menurunkan batasan minimum DP dari kisaran 5-10 persen menjadi 0 persen dalam pemberian KKB untuk pembelian kendaraan bermotor berwawasan lingkungan.
 
"Kebijakan penyesuaian batasan minimum DP bagi kendaraan bermotor berwawasan lingkungan dilakukan dengan tujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah risiko kredit atau pembiayaan yang terjaga, mendorong fungsi intermediasi perbankan yang seimbang dan berkualitas, serta sebagai upaya untuk mendukung ekonomi berwawasan lingkungan (green economy)," tulisnya melalui keterangan resmi.
 
Kemudian untuk penekanan kendaraan bermotor berwawasan lingkungan yang dimaksud adalah kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Hal ini mengacu kepada ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle) untuk transportasi jalan.
 
Namun perlu diingat bahwasanya pemberian DP 0 persen ini juga harus memperhatikan prinsip kehati-hatian. Calon pembeli kendaraan listrik ini sudah bisa menikmati kemudahan berupa DP 0 persen per 1 Oktober 2020.
 
Dengan Dikeluarkannya PBI LTV/FTV dan DP, maka batasan minimum DP bagi kendaraan bermotor berwawasan lingkungan menjadi sebagai berikut:
1. Untuk roda dua, dari 10 persen jika memenuhi kriteria NPL/NPF menjadi 0 persen;
2. Untuk roda tiga atau lebih (non produktif), dari 10 persen jika memenuhi kriteria NPL/NPF menjadi 0 persen;
3. Untuk roda tiga atau lebih (produktif), dari 5 persen jika memenuhi kriteria NPL/NPF menjadi 0 persen;
 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif