Cek Kondisi Rem Mobil Pra Mudik
Lakukan perawatan rem secara berkala agar brfungsi optimal. Berglundofbedford
Jakarta: Di samping kondisi mesin, satu hal yang krusial dan perlu diperhatikan pada mobil adalah kondisi sistem pengereman. Sistem pengereman yang baik bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan yang kerap terjadi, khususnya pada jalur berliku licin dan terjal.

Pastikan Anda melakukan pengecekan pada sistem pengereman mobil Anda sebelum melakukan perjalanan mudik, terutama yang akan menempuh perjalanan jarak jauh. 

Menurut Mislam, mekanik yang praktek di bengkel Speed Shop di bilangan Bekasi Timur, sistem pengereman tersebut wajib mendapat perawatan. Di antaranya dengan membersihkan cakram/piringan rem. Untuk pemakaian normal, pembersihan cakram/piringan dapat dilakukan setiap 1.000 sampai 2.000 kilometer.  

Periksa kondisi kampas rem secara keseluruhan, karena kampas rem yang sudah aus atau tipis, akan membuat kinerja pengereman menjadi tidak optimal. Selain itu dapat merusak cakram/piringan akibat tergores besi dari kampas rem yang habis.


Jika hanya ingin mengecek atau memperbaiki fungsi rem parkir, cukup mengganti kampas rem bagian belakang saja, karena sistem pengereman pada rem tangan hanya terletak di roda bagian belakang.
 
"Jika tuas rem tangan terasa tinggi saat ditarik, itu tandanya kampas rem roda belakang sudah habis/tipis. Bila diganti dengan kampas rem yang baru, secara otomatis setelan tuas rem tangan tidak tinggi lagi. Setel ketinggian tuas rem tangan sesuai selera, dan penyetelan juga bisa dilakukan biar rem tangan jadi lebih pakem,” jelas Mislam.



(UDA)