Modifikasi Mobil

Mobile Masjid, Solusi Tempat Solat di Tengah Acara

Ekawan Raharja 12 Agustus 2018 12:00 WIB
modifikasi mobil
Mobile Masjid, Solusi Tempat Solat di Tengah Acara
Mobile Mesjid merupakan bagian dari program Mesjid Nusantara. Medcom.id/Ekawan Raharja
BSD City: Sebuah Mitsubishi Fuso Colt Diesel FE 71 terparkir di depan hall 9 Indonesia Convention Exhibtion (ICE), BSD City, Tangerang Selatan. Di waktu-waktu Solat, banyak jamaah yang datang berkunjung untuk menunaikan kewajiban mereka untuk menghadap Tuhan Yang Maha Kuasa.

Truk tersebut merupakan Mobile Masjid. Sebuah kendaraan komersial yang memang dirancang untuk memudahkan umat Islam untuk solat di sela-sela berbagai acara, termasuk di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018.

"Kami melihat acara-acara itu biasanya susah untuk ibadah. Akhirnya kami pikir-pikir di luar negeri sana ada food truck, dan kemudian berpikir kenapa tidak membuat mobil-mobil seperti itu namun untuk solat," buka Divisi Program Mesjid Nusantara, Firman Muhammad, Sabtu (11/8/2018) di booth Mesjid Nusantara yang terletak di depan selasar hall 5.

Mesjid yang dibangun di atas sebuah truk ini di desain sedemikian rupa untuk bisa mengakomodir umat Islam untuk solat. Bahkan ketika terparkir, Mobile Mesjid bisa menampung 50 orang jamaah untuk sekali solat.


"Isinya biasa, ada peralatan solat, karpet, hingga tempat wudhu. Satu kali solat bisa menampung 50 orang, kemudian tangki air ada sekitar 500 liter dan bisa untuk ratusan orang berwudhu," sambungnya.

Firman menjelaskan kalau saat ini Mesjid Nusantara baru memiliki dua unit Mobile Mesjid. Keduanya ada di Bandung dan siap untuk diajak berkelana ke berbagai acara di Indonesia.

"Biayanya di Bandung itu donasi seikhlasnya. Kalau di luar Bandung seperti Jabodetabek menyesuaikan saja dengan ongkos transportasinya."

"Kita juga berharap bisa berpartisipasi di Asian Games. Semoga kita juga bisa hadir di sana," tutup Firman.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id