Produksi Mercedes-Benz di Wanaherang, Bogor, masih aman meski ada virus korona. Antara Foto/Sigid Kurniawan
Produksi Mercedes-Benz di Wanaherang, Bogor, masih aman meski ada virus korona. Antara Foto/Sigid Kurniawan

Industri Otomotif

Mercedes-Benz Masih Kebal dengan Virus Korona

Otomotif mercedes-benz industri otomotif
Ekawan Raharja • 13 Maret 2020 08:38
Jakarta: Virus korona memiliki pengaruh terhadap industri otomotif, baik di dalam dan luar negeri. Ada sejumlah merek yang mengakui berpengaruh terhadap wabah virus korona, dan ada juga yang akui tidak terpengaruh seperti Mercedes-Benz.
 
Deputy Director Sales Operation and Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), Kariyanto Hardjosoemarto, menjelaskan tidak ada masalah untuk produksi mobil bermerek Jerman tersebut di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Bahkan dia mengklaim tidak ada komponen yang didatangkan dari Tiongkok karena masih dari Jerman.
 
"Produksi kami berjalan normal, tidak ada masalah. Sejauh ini pasokan komponen dari Jerman," terang Kariyanto Kamis (12/3/2020) di Jakarta.
 
Dia mengakui belum bisa menjelaskan seberapa besar efek yang ditimbulkan virus korona terhadap bisnisnya di Indonesia. Mengingat virus ini masih cukup baru, dan baru masuk ke Indonesia beberapa pekan lalu.
 
"Kami terus memantau. kalau ditanya seberapa besar efeknya, kami belum bisa memberikan secara terukur penurunannya. Tentu kami terus memantau perkembangannya," beber Kariyanto.
 
Kemudian bila dikaitkan dengan penjualan, Januari memang ada perlambatan. Namun perlambatan lebih kepada hari kerja yang lebih pendek karena orang baru masuk kerja dan ada bencana banjir di Jakarta.
 
"Januari lalu memang agak slowing down karena di awal tahun ada banjir dan Corona baru awal-awal bulan ini munculnya di sini."
 
Beberapa merek lain, seperti DFSK, juga mengakui tidak ada permasalahan saat ini meski virus korona masuk ke Indonesia. DFSK mendapatkan pasokan komponen dari kota Chongqing, bukan dari Wuhan, sehingga pasokannya aman.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif