Di Indonesia hanya tersedia variant DX 4 pintu 1.300 cc 4K. Wikipedia
Di Indonesia hanya tersedia variant DX 4 pintu 1.300 cc 4K. Wikipedia

Mobil Klasik

Pesona Corolla DX Klasik Jadi Incaran Kolektor Mobil Antik

Otomotif mobil klasik
M. Bagus Rachmanto • 07 Agustus 2020 15:13
Jakarta: Tua-tua keladi, semakin tua semakin jadi. Itulah peribahasa yang nampaknya cocok dialamatkan kepada Toyota Corolla DX yang lahir di Indonesia pada tahun 1980 dan memimiliki pesonanya tersendiri
 
Dalam perjalannya, setelah sangat lama Corolla DX disuntik mati alias tidak diproduksi lagi, mobil ini masih memiliki daya tarik di kalangan pecinta oromotif dan jadi incaran kolektor mobil antik.
 
Maka tak heran, dengan kondisinya yang orisinil, mobil klasik yang tergolong barang antik itu pun biasanya memiliki banderol harga selangit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Eksistensi Corolla DX juga kian lestari dengan adanya sejumlah komunitas yang menaungi para pemilik sedan era 80-an tersebut. Seperti Toyota Corolla Club, DX Jakarta Community hingga Indonesia Corolla DX Community merupakan wadah yang aktif melestarikan kejayaan sedan tersebut.
 
Menarik di usianya yang tak lagi muda, Corolla DX masih mudah ditemukan. Bahkan di sejumlah ajang kompetisi balap nasional, mulai dari arena balap touring di sirkuit hingga arena reli.
 
Lantas apa sebenarnya yang membuat Corolla DX masih ramai peminat hingga sekarang? Menurut yang diungkap sejumlah media otomotif nasional, biaya perawatan yang murah dan simpel menjadi salah satu alasannya.
 
Selain itu, Corolla DX cukup diburu para penggila balap karena salah satu alasannya adalah sistem penggerak belakangnya. Corolla DX sendiri merupakan model yang berkode body KE70 dan menggunakan mesin 1.300 cc.
 
Dapur pacu Toyota Corolla DX berkode 3K tersebut mengusung 8 klep dengan noken-as tunggal alias SOHC. Mesin ini bertenaga 62 daya kuda pada 5.600 rpm dan torsi maksimum bisa mencapai 97 Nm pada 3.600 rpm. Tentunya suplai bahan bakarnya masih pakai karburator.
 
Para komunitas juga sepakat bahwa spareparts Corolla DX masih mudah didapat. Hal itulah yang membuat pesona Corolla DX kian menawan untuk diburu para penikmat mobil lawas bergaya retro klasik tersebut.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif