Tidak mampunya Toyota Alphard untuk melewati sebuah tanjakan itu banyak penyebabnya dan bukan semata-mata karena ketidakmampuan mobil. Youtube/Luna Maya
Tidak mampunya Toyota Alphard untuk melewati sebuah tanjakan itu banyak penyebabnya dan bukan semata-mata karena ketidakmampuan mobil. Youtube/Luna Maya

Selebritis Otomotif

Mobil Luna Maya Gak Kuat Nanjak, Banyak Sebabnya!

Otomotif toyota selebritis otomotif
Ekawan Raharja • 10 Juli 2020 08:46
Jakarta: Dalam sebuah vlog yang diunggah di kanal Youtube-nya, Luna Maya menampilkan performa mobilnya yang tidak kuat menanjak. Tidak mampunya Toyota Alphard untuk melewati sebuah tanjakan itu banyak penyebabnya dan bukan semata-mata karena ketidakmampuan mobil.
 
Training Director The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan, juga sudah melihat video yang diunggah oleh Luna Maya. Menurutnya ketidakmampuan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kondisi mobil sampai dengan teknik mengemudinya.
 
"Jadi sebenarnya banyak kemungkinan yang menyebabkan. Intinya, jangan menggunakan kendaraan dan ban yang tidak tepat di medan yang offroad," tulis Marcel Kurniawan Kamis (9/7/2020) kepada Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia melihat medan yang ditempuh Luna Maya beserta rombongan tersebut termasuk ke dalam offroad. Hal ini didasari bahwa jalanan tersebut licin, dan menurut Marcell ini sudah masuk ke dalam semi offroad.
 
Kalau dari segi kendaraan, dia menilai power to weight ratio Alphard tidak pas. Mengingat Alphard di desain untuk jalanan on road (aspal), sehingga medan yang dilalui oleh Luna Maya ini kurang pas untuk semi offroad.
 
"Seharusnya kendaraan yang digunakan sesuai dengan medan yang akan ditempuh. Mungkin dengan bobot yang besar dan power yang ada Alphard enak di jalan aspal namun bila diajak ke medan yang berat, mobil ini bisa tidak kuat," lanjutnya.
 
Sedangkan dari segi pengemudi, mungkin saja pengemudi ini kurang memahami fungsi transmisi yang ada di Alphard. "Si pengemudi tetap di D dan tidak pindah ke S untuk mengaktifkan fasilitas triptonic-nya."
 
Dalam vlog yang diunggah pada Minggu (5/7/2020), Diceritakan Luna Maya bersama rekan-rekannya sedang berwisata di daerah Bogor. Sayangnya saat sampai ke lokasi tujuan, Alphard yang ditumpangi Luna Maya tidak bisa sampai ke lokasi karena tidak bisa melewati sebuah tanjakan terakhir.
 
Di awal-awal Luna Maya mencoba memberikan aba-aba kepada sopirnya untuk berusaha melewati tanjakan tersebut. Sayangnya mobil tersebut tetap gagal menanjak karena jalanan tanah yang licin.
 
Berhubung mobil tidak bisa melewati tanjakan tersebut, Alhasil mobil itu pun harus putar balik. "Stop, stop. Maju Put, maju. Terus lagi terus, banting kiri." tutur Luna Maya ketika menjadi tukang parkir dadakan dalam video tersebut.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif