Industri Otomotif

Brio, Ignis, & Cross, Bersaing Ketat di Segmen City Car

Ekawan Raharja 18 Mei 2018 14:10 WIB
industri otomotif
Brio, Ignis, & Cross, Bersaing Ketat di Segmen City Car
Suzuki Ignis menjadi yang terlaris di kelas citycar. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jakarta: Segmen city car merupakan salah satu segmen yang cukup hangat di caturwulan pertama 2018. Bagaimana tidak, di awal tahun saja sudah meluncur dua mobil baru yakni Datsun Cross dan Daihatsu Sirion.

Meski demikian, menurut data wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), segmen mobil mungil ini cuma didominasi oleh Suzuki Ignis, Honda Brio, dan Datsun Cross yang cukup memberikan kejutan sebagai pemain baru. Ignis berhasil menjadi raja citycar di periode Januari-April 2018 dengan memasarkan 4.795 unit.

Kemudian di peringkat kedua ditempati oleh Brio dengan menyumbang 4.563 unit. Meski Cross baru dipasarkan pada Maret 2018, citycar rakitan Purwakarta, Jawa Barat, ini berhasil mengumpulkan pundi-pundi 2.236 unit.

Nasib manis yang dialami Datsun Cross, tidak dikecap oleh All New Daihatsu yang cuma meraih 440 unit dari periode pemasaran Februari-April 2018. Angka ini bahkan di bawah Nissan March yang sudah cukup lama tidak mendapatkan mayor change yang bisa meraup 914 unit di empat bulan pertama 2018. 

Secara total segmen city car ini berhasil menjual 13.320 unit di periode Januari-April 2018 atau sekitar 3,3 persen dari total pasar otomotif Indonesia. Meski demikian, nyatanya segmen ini masih menarik bagi sebagain APM dengan tetap menghadirkan mobil-mobil baru.




(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360