Ilustrasi produksi mobil. Toyota
Ilustrasi produksi mobil. Toyota

Industri Otomotif

Krisis Cip Semikonduktor, Toyota Pangkas Produksi 300 Ribu Lebih Mobil

Otomotif Toyota industri otomotif krisis Cip Semikonduktor
Ekawan Raharja • 13 September 2021 15:00
Tokyo: Krisis cip semikonduktor yang dialami industri otomotif membuat Toyota harus berlapang dada. Mereka dipastikan akan mengorbankan 300 ribu lebih mobil yang akan diproduksi tahun ini.
 
Di awal tahun, jenama asal Jepang ini memproyeksikan seluruh pabrik mereka bisa memproduksi 9,3 juta unit mobil di seluruh dunia. Kini dengan dikorbankannya 300 ribu lebih unit, maka target produksi direvisi menjadi 9 jutaan unit hingga akhir tahun
 
Eksekutif Toyota, Kazunari Kumakura, mengakui kombinasi krisis cip semikonduktor dengan pandemi Covid-19 membuat mereka harus mengambil langkah ini. Apalagi Vietnam dan Malaysia sebagai salah satu sumber produksi suku cadang mereka kini sedang tidak aman karena tingginya tingkat infeksi di sana.
 
Diakui, Asia Tenggara mengambil banyak peranan untuk pasokan suku cadang. Sehingga tingginya pandemi di negara-negara Asia Tenggara juga berpengaruh terhadap pasokan suku cadang untuk menunjang produksi.
 
"Ini adalah kombinasi dari virus corona dan semikonduktor, tetapi saat ini virus corona yang memiliki dampak luar biasa," kata Kazunari Kumakura dikutip dari Autoblog.
 
Krisis cip semikonduktor ini tidak terlepas dari tingginya produksi komponen elektronik selama pandemi. Tingginya permintaan perangkat elektronik seperti ponsel, tablet, televisi, dan lainnya selama pandemi, membuat cip semikonduktor menjadi rebutan banyak pihak.
 
Efeknya, industri otomotif yang juga membutuhkan cip semikonduktor untuk perangkat elektroniknya juga terganggu. Selain toyota, Ford juga menghentikan produksi di pabrik Kansas yang membuat mobil pick up F-150 terlarisnya karena masalah pasokan suku cadang. Renault juga memperpanjang penghentian sebagian produksinya di Spanyol.
 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif