Aksesoris Kendaraan

Diecast Berawal dari Hobi yang Kini Jadi Investasi

Ekawan Raharja 25 Oktober 2018 12:00 WIB
Diecast Berawal dari Hobi yang Kini Jadi Investasi
IDE 2018 akan menjadi lebarannya para diecaster se-Indonesia. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jakarta: Sekarang ini semakin banyak diecaster atau sebutan untuk orang-orang yang mengumpulkan diecast (mainan replika mobil-mobilan). Kini diecast pun juga bukan hanya sekadar mainan juga, tetapi juga bisa menjadi nilai investasi.

Public Relation IDE 2018, Feldani Effendy, tidak menampik kalau ada nilai investasi di diecast. Cuma itu hanyalah efek sampingan dari sebuah nilai ekonomis dan hobi.

"Kalau berbicara investasi apa pun di dunia ada nilainya. Kita tidak fokus di situ karena unsur mainan itu harus fun, ceria, dan guyub," ujar pria yang akrab di sapa Dani Rabu (24/10/2018) di The Hook Jakarta.

Sebagai contoh saja, di Indonesia Diecast Expo (IDE) 2017 ada lelang sebuah Morris Mini. Mobil ini berhasil di bawa pulang oleh pengunjung dengan mahar Rp32 juta.

Kemudian Dani juga menjelaskan untuk purwa rupa diecast juga menjadi rebutan kolektor. Biasanya untuk sebuah model purwa rupa dibanderol dengan harga USD4.000-5.000 per unit (atau sekitar Rp60 juta sampai Rp76 juta).

"Produsen biasanya memberikan itu di pameran-pameran diecast, untuk keperluan amal dan sebagainya. Di luar negeri itu sangat di cari," beber pria yang juga pecinta diecast tersebut.

Dani membeberkan ada beberapa hal yang membuat diecast bisa sangat mahal. Mulai dari jumlahnya yang terbatas, sudah mendapatkan sentuhan modifikasi, atau juga detail-detail pengerjaanya yang semakin rumit maka akan semakin meningkat nilainya.

"Sebagai contoh diecast dengan ban dari karet atau dari plastik tentu berbeda harganya. Kalau yang karet lebih mahal, dan tentu nilainya juga berbeda."

Nah anda juga kolektor diecast? Bagaimana nilai koleksi anda?

(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id