Teknologi pembuatan plat dengan konfigurasi baru, jadi keunggulan baru Massiv Thunder. Medcom.id/Ahmad Garuda
Teknologi pembuatan plat dengan konfigurasi baru, jadi keunggulan baru Massiv Thunder. Medcom.id/Ahmad Garuda

Komponen Otomotif

Pelat Berkonfigurasi Baru di Massiv Thunder, Apa Istimewanya?

Otomotif komponen otomotif Massiv Thunder
Ahmad Garuda • 08 Desember 2021 20:36
Pemasok tenaga listrik di berbagai mesin seperti otomotif yang biasa disebut dengan aki atau baterai, jadi hal yang memegang fungsi vital. Kini teknologinya pun semakin berkembang dengan terciptanya aki berjenis maintenance free (MF) alias bebas perawatan.
 
Namun beberapa kondisi di Indonesia yang terkadang memaksa aki atau baterai bekerja di luar batas, menjadi tantangan besar bagi produsen aki. Terutama soal durabilitas, lantaran temperatur di zona tropis cenderung panas, bisa membuat penggunaan baterai bisa berumur lebih cepat.
 
"Hari ini kami mengawali kick-off atau peluncuran aki Massiv Thunder jenis MF dengan teknologi baru. Hasil riset ini dilakukan untuk mendukung kebutuhan di lapangan yaitu daya start yang tinggi kemudian usia pakai yang lebih lama," ujar Quality Assurance Department Head PT Trimitra Baterai Prakarsa, Heru Darmawan di Lumire Hotel, Jakarta pada Rabu (8/12/2021).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca Juga:
Mobil Baru Nissan Di 2030 Semuanya Bertenaga Listrik
 
Ia melanjutkan bahwa hal ini bisa tercapai lantaran terdapat perubahan konfigurasi dan struktur dalam pembuatan pelat di baterai tersebut. Paling signifikan adalah desain anyar pelat yang menggunakan desain center lug. Hal ini memungkinkan distribusi arus listrik di dalam baterai bisa lebih baik dan efektif.
 
"Sementara untuk poin usia pakai lebih lama, itu bisa terjadi lantaran pengembangan yang dilakukan menggunakan special alloy (timah khusus) dengan tingkat ketahanan terhadap korosi yang sangat tinggi. Kami juga menambahkan unsur timah putih untuk meningkatkan umur pakai baterai."
 
Hal lain yang menurutnya istimewa di sektor desain timah yang ikut berperan memperpanjang usia pakai aki adalah teknologi ekspanded dalam proses pembuatan pelat. Saat proses pendinginan, teknologi ini juga digunakan sehingga struktur kristalnya lebih kuat.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif