Mercedes-Benz Indonesia sudah mempersiapkan mobil listrik untuk dipasarkan di tahun 2022. Medcom.id/Ekawan Raharja
Mercedes-Benz Indonesia sudah mempersiapkan mobil listrik untuk dipasarkan di tahun 2022. Medcom.id/Ekawan Raharja

Mobil Listrik

Mercedes-Benz Tancap Gas Mobil Listrik Di Tahun 2022

Otomotif mercedes-benz mobil listrik Mobil SUV
Ekawan Raharja • 29 Juli 2021 10:00
Jakarta: Mercedes-Benz global sudah memiliki rencana untuk menjadi produsen mobil listrik mulai di tahun 2025, dan menjadi produsen mobil listrik seutuhnya di tahun 2030. Indonesia tentu tidak ketinggalan karena mereka sudah menyiapkan strategi untuk pasar otomotif Tanah Air.
 
Jenama asal Jerman ini sudah mempersiapkan peluncuran mobil listrik di Indonesia tahun depan. Hal ini tidak terlepas dari sejumlah peraturan yang sangat mendukung dalam menghadirkan kendaraan listrik seutuhnya untuk para orang kaya di Nusantara.
 
“Yang kami persiapkan saat ini memang ke BEV (Battery Electric Vehicle) langsung. Untuk plug-in hybrid saat ini kami belum mempertimbangkan,” ungkap Deputy Director Sales Operation and Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), Kariyanto Hardjosoemarto, melalui jumpa pers virtual beberapa waktu lalu.
 
Selain dari sisi regulasi yang menguntungkan, diakui konsumen mereka juga memiliki minat yang tinggi terhadap mobil listrik murni. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran E300 hybrid namun konsumen malah meminta mobil listrik murni.
 
“Kemarin kan kami ada E300 hybrid yang kami pasarkan, tapi kami lihat responnya atau pertanyaan dari market masih lebih banyak ke kendaraan listrik murni. Karena itu, dari sisi perusahaan kami melihat lebih baik langsung ke kendaraan listrik murni,” tambah Kariyanto.
 
Berdasarkan omongan Kariyanto, ada kemungkinan mobil yang dimasukan adalah Mercedes-Benz EQS dan EQA. Kedua mobil ini adalah mobil listrik murni dengan sejumlah pilihan spesifikasi.
 
Sebagai contoh saja, EQS tersedia varian EQS 450+ berpenggerak roda belakang dengan motor listrik tunggal berdaya 329 daya kuda dan torsi 550 Nm. Selain itu ada varian EQS 580 4MATIC dengan sistem penggerak 4 roda dan menggendong motor listrik tunggal berdaya 516 daya kuda serta torsi 828 Nm.
 
Kemudian untuk EQA 250 memiliki spesifikasi motor listrik tunggal bertenaga 187 dk dan torsi 375 Nm. Tenaga dan torsi itu disalurkan ke dua roda depan dan dikombinasikan dengan baterai lithium-ion berkapasitas 66,5 kWh.
 
Presiden Direktur PT MBDI, Choi Duk Jun, mengakui sudah mempersiapkan 2 mobil listrik. Sayangnya dia enggan secara gamblang membeberkan waktu peluncuran mobil ramah lingkungan tersebut.
 
“Persiapan MBDI telah dimulai untuk mobil listrik, yaitu melalui EQS dan EQA yang akan meluncur tahun depan. Saat ini memang banyak konsumen yang telah bertanya, tapi kapan pastinya kami belum bisa konfirmasi sekarang,” ucap Choi Duk Jun.
 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif