Ibukota Belanda, Amsterdam, berencana untuk melarang kendaraan konvensional pada 2030.. Amsterdam.nl
Ibukota Belanda, Amsterdam, berencana untuk melarang kendaraan konvensional pada 2030.. Amsterdam.nl

Amsterdam 'Haramkan' Kendaraan Konvensional Mulai 2030

Otomotif teknologi otomotif industri otomotif
Ekawan Raharja • 10 Juni 2019 09:42
Amsterdam: Negara-negara di Eropa belakangan ini semakin serius menangani masalah polusi. Bahkan di beberapa daerah sudah mulai mengeluarkan rencana untuk mengurangi atau bahkan menghentikan kendaraan dengan emisi gas buang.
 
Ibukota Belanda, Amsterdam, berencana untuk melarang kendaraan konvensional pada 2030. Kota yang terkenal dengan klub sepakbola Ajax Amsterdam ini akan melarang kendaraan dengan mesin bensin, diesel, bahkan sepeda motor melintas di jalanan kota mereka, seperti dikutip dari Carscoops.
 
Amsterdam sedang berencana untuk mengurangi polusi udara untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Bahkan otoritas setempat mengklaim polusi udara bisa menurunkan harapan hidup penududuknya satu tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rencana ini akan dilakukan secara bertahap sebelum akhirnya menghilangkan seluruh kendaraan konvensional dengan teknologi pembakaran dalam. Tahap pertama mulai 2020, mobil diesel berusia 15 tahun atau lebih tua akan dilarang masuk di jalanan kota.
 
Kemudian pada 2022 tidak ada bus umum atau kereta yang ditenagai bensin atau solar yang diizinkan di pusat kota. Berlanjut 2025, larangan akan diperluas mencakup moped dan moped ringan di kanal-kanal sungai Belanda. Kemudian akhirnya 2030 sudah berhasil mencapai semua lalu lintas di dalam kota bebas emisi.
 
Sebagai upaya mendorong penduduk setempat beralih ke kendaraan listrik dan hidrogen, Amsterdam menawarkan stasiun pengisian daya kepada setiap pembeli kendaraan nol emisi. Diperkirakan kota membutuhkan antara 16 ribu dan 25 ribu stasiun pengisian pada 2025 agar proyek ini dapat berjalan lancar.
 
Ini menjadi langkah ambisius Amsterdam, sekaligus menjadi tantangan bagi produsen kendaraan dalam menghadirkan kendaraan listrik yang terjangkau.
 
Beberapa kota di negara Eropa juga sudah mulai melakukan tindakan untuk mengurangi emisi. Seperti contoh Jerman akan melarang mobil tua bermesin diesel untuk masuk dibeberapa wilayahnya. Kota Hamburg pun menjadi kota pertama yang melarang kendaraan bermesin diesel memasuki wilayahnya, mulai pekan depan.
 
Dituliskan Bloomberg, kota pelabuhan tersebut akan bebas dari kendaraan yang tak lolos emisi Euro6. Kota ini juga melarang truk sejauh 1,6 kilometer dari jalanan utama disana, Stresemannstrasse, seperti dituliskan sebuah laporan.
 
Lantas apakah Indonesia juga akan menerapkan rencana lalu lintas bebas emisi di masa depan?
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif