Lap microfiber lebih efektif membersihkan kendaraan. AliExpress
Lap microfiber lebih efektif membersihkan kendaraan. AliExpress

Trik Mudah Merawat Lap Microfiber Tetap Awet

Otomotif perawatan kendaraan tips otomotif
M. Bagus Rachmanto • 29 Oktober 2019 08:08
Jakarta: Rajin menjaga kebersihan merupakan bagian dari perawatan mobil yang paling sederhana. Tapi untuk mendapatkan hasil yang optimal, penggunaan alat pembersih mobil seperti lap microfiber juga perlu diperhatikan.
 
Meski terlihat remeh, lap microfiber yang berbahan serat sintetis ini diketahui punya banyak fungsi. Bisa membantu mengeringkan bodi mobil yang basah, membersihkan debu, atau digunakan untuk mengaplikasikan wax pada mobil. Agar bisa awet digunakan, lap serbaguna ini juga harus dirawat.
 
Agnes, pengelola Auto Salon Boutique, menjelaskan usaha yang dijalannya kini menggunakan kain lap berbahan microfiber. Alasannya sederhana, lap microfiber lebih efektif mengangkat kotoran ketimbang lap chamois atau yang lebih dikenal dengan kanebo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk membersihkan mobil, baik bodi atau kaca, kami menggunakan lap microfiber. Lap microfiber itu lebih bagus untuk mengangkat debu dan kotoran. Selain itu permukaanya lebih halus, meminimalisir kaca atau bodi tergores halus," papar Agnes saat ditemui di Bengkelnya di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta, beberapa waktu lalu. Dilansir website Suzuki, berikut cara merawat lap microfiber agar lebih awet digunakan:
 
Cuci sebelum dipakai
Cuci lap microfiber sebelum digunakan, terlebih lap microfiber yang baru dibeli. Tujuannya agar bahan atau material kain pada lap tersebut bisa beradaptasi. Tapi perlu diingat, jangan mencuci lap microfiber dengan mesin cuci, cukup dicuci menggunakan tangan.
 
Hindari penggunaan deterjen karena bisa merusak struktur microfibernya. Gunakan air hangat untuk merendam lap microfiber. Perlu diingat, saat mencuci jangan mencampur lap microfiber dengan bahan lain seperti kaos atau celana, karena daya serap microfiber berbeda. Tujuannya agar partikel dari bahan-bahan lain tidak menempel di lap microfiber. Peras ringan dan jangan terlalu keras, kemudian keringkan dengan cara diangin-anginkan, jangan di bawah sinar matahari langsung.
 
Bedakan fungsi lap microfiber
Memisahkan fungsi tiap lap microfiber juga penting dilakukan. Jangan gunakan lap secara bersamaan untuk fungsi berbeda. Contohnya, lap untuk waxing jangan dipakai untuk mengeringkan mobil.
 
Cuci setelah dipakai
Penggunaan lap chamois sebenarnya tidak bermasalah asalkan rutin dibersihkan. untuk disarankan agar lap chamois untuk selalu dicuci sehabis digunakan, agar kondisinya tetap baik dan siap pakai saat ingin digunakan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif