Penting memahami jenis, fungsi dan penggunaan lampu, agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. medcom.id/Ahmad Garuda
Penting memahami jenis, fungsi dan penggunaan lampu, agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. medcom.id/Ahmad Garuda

Wajib Paham Edukasi Penggunaan Lampu, Sebelum Beli

Otomotif iims komponen aftermarket aksesoris otomotif IIMS 2019
Ahmad Garuda • 27 April 2019 10:54
Jakarta: Tidak sulit unutk membeli komponen aftermarket seperti lampu dan semacamnya untuk keperluan berkendara di malam hari. Namun jangan asal beli juga, karena penggunaan lampu depan untuk sebuah kendaraan, wajib mengikuti kaidah-kaidah atau aturan di jalan raya.
 
Hal itu ditegaskan langsung Direktur CV Sampurna Part Niaga (produsen lampu Autovision), Lily Hernawan saat ditemui oleh Medcom.id. Ia menegaskan bahwa penggunaan lampu itu tak boleh asal termasuk dalam memilih produk lampu yang akan digunakan. Lantaran ini akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan keselamatan berkendara di jalan raya.
 
"Sejauh ini kami memang belum melihat ada peraturan khusus soal penggunaan lampu di jalan raya. Tapi kami mengacu terhadap peraturan dari Eropa, terutama di negara-negara dengan kemudi sebelah kanan. Kemudian yang juga kondisi lalu lintasnya mirip dengan yang ada di Indonesia. Sehingga tidak semua produk yang kami produksi itu cocok dengan produk sepeda motor atau mobil tertentu," ujar Lily.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wajib Paham Edukasi Penggunaan Lampu, Sebelum Beli
 
Ia mencontohkan dengan produk Yamaha Nmax dan Honda PCX. Saat ini Ia sudah menjual produk khusus untuk kendaraan matic buat Yamaha itu di pasar Indonesia. Sementara untuk PCX belum ada lampu utama yang mereka kembangkan. Alasannya karena permintaan yang belum terlalu besar, sehingga dibutuhkan penyesuaian.
 
Komitmen mereka mengenalkan produk lampu dengan jenis LED, pun cukup tinggi. Lantaran dari sisi teknologi, LED punya banyak kelebihan dari versi halogen atau HID. Selain itu, juga dirancang lebih aman bagi para pengendara. Baik pengemudi itu sendiri juga terhadap pengemudi dari arah berlawanan.
 
Bersamaan dengan edukasi yang mereka berikan, di Indonesia INternational Motor Show 2019 ini, mereka juga melakukan peluncuran produk anyar yaitu LED RZ1. Ini adalah lampu pendamping buat lampu dengan tipe CR8. Ini juga menjadi jawaban bagi mereka yang ingin lampu motornya lebih terang namun tidak bikin silau.
 
"Produk ini kami luncurkan dengan kemampuan daya pendar 155 persen lebih terang dari lampu standar. Kekuatannya sampai 700 lumen dengan daya hanya 7 watt dan usia pakai hampir menyentuh angka 20,000 jam. Lampu ini kami lepas dengan harga Rp60 ribu per unit."
 
Spesifikasi Autovision LED RZ1:
Bahan sumber cahaya: Creed LED
Suhu cahaya: 5,700 kelvin
Pemakaian daya: 12 volt
Tegangan operasi: DC 9V-30V
Daya terang: 700 Lumen
Sistem pendingin: Sirip aluminium
LED Chip: Special high powerSMD3030
Pendingin: Aluminium heatsink
Usia pakai: lebih dari 200 ribu jam
Soket: P15D25-1
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif