Ilustrasi--Tugu Yogyakarta yang menjadi ikon Kota Yogyakarta (24/11/21) (ANTARA/Eka AR)
Ilustrasi--Tugu Yogyakarta yang menjadi ikon Kota Yogyakarta (24/11/21) (ANTARA/Eka AR)

Balap Motor

Rencana Yogyakarta Punya Sirkuit Internasional & Museum Otomotif

Otomotif museum balap motor IMI Indonesia Yogyakarta Sejarah Otomotif Bambang Soesatyo
Ekawan Raharja • 24 Januari 2022 09:00
Jakarta: Yogyakarta sebagai salah satu kota besar di Indonesia kini sedang bercita-cita untuk memiliki sirkuit bertaraf internasional dan museum otomotif. Ide ini lahir dari Kanjeng Pangeran Haryo Purbodiningrat yang berencana maju sebagai Calon Ketua Ikatan Motor (IMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 
 
Dia bercerita kepada Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo, dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, ingin membangun sirkuit balap internasional dengan lintasan tanah dan aspal, serta Museum Otomotif dan Transportasi di Yogyakarta.
 
Pembangunan sirkuit direncanakan akan dibicarakan dengan Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk memanfaatkan lahan seluas 128 hektar milik Keraton Yogyakarta Hadiningrat. Sementara museum otomotif dan transportasi rencananya memanfaatkan kawasan Gedung DPRD DIY di Jalan Malioboro yang tidak lagi digunakan sebagai kantor anggota DPRD DIY karena akan dipindahkan ke Jalan Kenari.
 
"Sirkuit tersebut bisa digunakan untuk menggelar berbagai kejuaraan balap. Dari mulai on road seperti road race, drag bike, dan freestyle hingga off road seperti motocross, grasstrack hingga adventure. Lokasinya juga strategis, hanya sekitar 9 Km dari Yogyakarta International Airport di Kulon Progo. Sementara dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 40 Km dengan waktu tempuh kurang dari 1 jam," beber Bamsoet setelah menerima Budi Karya Sumadi dan Kanjeng Pangeran Haryo Purbodiningrat, pada Jumat (21/1/22).
 
Ketua MPR RI ini menjelaskan Yogyakarta merupakan wilayah yang telah melahirkan banyak pembalap hebat seperti Doni Tata Pradita, pembalap Indonesia pertama yang mampu menembus ajang tertinggi dengan turun di kelas 250 cc Kejuaraan Dunia Balap Motor tahun 2008. Serta Galang Hendra Pratama yang turun di World Supersport 300 (WSS300) tahun 2017. Jauh sebelumnya juga sudah ada beberapa pembalap hebat lainnya seperti Hendriansyah, Irwan Ardiansyah, Gupita Kresna, Sudarmono, sampai Sigit PD.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif