Produksi Toyota Corolla Hybrid di Eropa. Toyota
Produksi Toyota Corolla Hybrid di Eropa. Toyota

Industri Otomotif

Toyota Digugat Pabrik Baja Terbesar Di Jepang, Diduga Karena Paten

Otomotif Toyota industri otomotif baja Nippon Steel
Ekawan Raharja • 18 Oktober 2021 15:00
Tokyo: Nippon Steel Corp telah mengajukan gugatan terhadap Toyota Motor Corp dan pemasok besi untuk mereka Baoshan Iron & Steel Co Ltd (Baosteel) di pengadilan Tokyo. Gugatan ini diduga karena kedua perusahaan tersebut melakukan pelanggaran hak paten soal baja yang sudah dimiliki oleh Nippon Steel.
 
"Kedua perusahaan melanggar paten pada lembaran baja magnetik non-orientasi yang digunakan dalam kendaraan listrik," kata Nippon Steel dalam sebuah pernyataan.
 
Alhasil, produsen baja terbesar di Jepang tersebut menuntut ganti rugi sekitar JPY20 miliar atau USD176 juta dari masing-masing perusahaan tergugat. Selain itu, pihak perusahaan meminta kepada produsen mobil tersebut untuk tidak lagi menjual mobil yang menggunakan bahan baja tersebut.
 
Lembaran baja magnetik non-orientasi merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan motor elektrik di mobil listrik. Bahan ini membantu motor listrik lebih efisien bekerja karena mampu membantu mengurangi kehilangan energi.
 
"Lembaran baja elektrik bahan yang sangat diperlukan untuk elektrifikasi mobil dan merupakan salah satu produk utama kami yang bertujuan untuk membantu dekarbonisasi untuk mobil, produk listrik, dan pembangkit listrik," ujar juru bicara Nippon Steel.

 
 

Toyota Merasa Tidak Melanggar Hak Paten 

Tuntutan ke meja hijau ini dilakukan oleh Nippon Steel setelah mereka tidak mendapatkan solusi dalam diskusi bersama Toyota. Di sisi lain, raksasa otomotif ini mengakui tidak ada baja yang melanggar paten apapun. Sementara Baosteel membantah klaim Nippon Steel dan mengatakan akan membela haknya.
 
"Terkait lembaran baja elektromagnetik produksi Baoshan Iron & Steel Co., Ltd (Baosteel), kami mengonfirmasi bahwa tidak ada pelanggaran paten perusahaan lain sebelum menyimpulkan kontrak," tulis Toyota.

 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif