NEWSTICKER
Baik Hyundai maupun Kia mengumumkan pengembangkan fitur baru bernama Information and Communication Technology (ICT). Hyundai
Baik Hyundai maupun Kia mengumumkan pengembangkan fitur baru bernama Information and Communication Technology (ICT). Hyundai

Teknologi Otomotif

Hyundai Kembangkan Transmisi Otomatis Berbasis ECU

Otomotif teknologi otomotif hyundai
Ekawan Raharja • 23 Februari 2020 15:50
Seoul: Hyundai Grup yang gencar melakukan pengembangan mobil masa depan, baik berbasis nol emisi gas buang maupun teknologi otonom, melakukan sejumlah peningkatan di berbagai komponen yang dimilikinya. Jika kemarin sempat menghadirkan transmisi khusus untuk mobil hybrid, kini merek asal Korea Selatan ini mengembangkan transmisi yang bersinergi dengan komputerisasi.
 
Baik Hyundai maupun Kia mengumumkan pengembangkan fitur baru bernama Information and Communication Technology (ICT). ICT merupakan teknologi yang dapat secara otomatis menggeser atau mengubah transmisi sesuai kondisi jalan dan lalu lintas yang akan dilalui. Ringkasnya, perubahan gear dilakukan atas perintah ECU, bukan karena putaran mesin.
 
ICT Connected Shift System menggunakan smart software di bagian Transmission Control Unit (TCU). Sistem akan mengumpulkan dan menginterpretasikan serta memberi input secara real-time dari navigasi 3D, radar untuk smart cruise control, serta kamera untuk di olah oleh TCU.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Navigasi 3D akan memberikan input berupa ketinggian, kemiringan, lengkungan jalanan, hingga berbagai peristiwa di jalan, termasuk kondisi lalu lintas terkini. Kemudian radar untuk smart cruise control akan mendeteksi kecepatan dan jarak antara mobil dengan mobil lainnya.
 
Jika sistem mendeteksi mobil dalam kondisi perlambatan yang relatif lama dan radar mendeteksi tidak ada ketidakteraturan kecepatan dengan mobil di depannya, maka transmisi akan beralih ke mode netral. Sehingga, bahan bakar mobil bisa lebih efisien. Penggunaan ICT juga dapat mengurangi frekuensi penggunaan rem sekitar 11 persen, membuat kampas rem juga lebih tahan lama.
 
Melihat kecanggihan yang ditawarkan oleh transmisi baru ini, tentu saja Hyundai Grup tidak akan menggunakannya dalam waktu dekat. Kemungkinan besar teknologi ini akan digunakan untuk mobil-mobil otonom bertenaga listrik yang ramah lingkungan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif