Mazda Radar Cruise Control, teknologi otomotif yang mengurangi letih pada pengemudi. Mazda
Mazda Radar Cruise Control, teknologi otomotif yang mengurangi letih pada pengemudi. Mazda

Jajal Mazda Radar Cruise Control, Fitur Asik Anti Capek

Otomotif mazda teknologi otomotif
Ahmad Garuda • 11 Juli 2019 07:08
Jakarta: Fitur kemudahan dalam berkendara untuk meringankan kerja pengemudi agar bisa lebih fokus dalam mengendalikan kendaraan semakin banyak. Salah satunya adalah fitur cruise control yang biasanya bekerja mulai dari kecepatan 40 km per jam ke atas.
 
Namun kini, fitur tersebut berkembang lagi dengan pesat, yaitu adaptive cruise control. Di sistem ini, mobil akan menyesuaikan kecepatan dan jaraknya dengan kecepatan objek bergerak di depannya yaitu mobil yang ada di depan.
 
"Tentu ini jadi fitur yang sangat mengasikkan bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan jauh ke luar kota. Namun ada beberapa syarat agar fitur ini bisa bekerja dengan baik dan optimal, yaitu kondisi jalan lancar dan bebas hambatan dan minimal kecepatan 30 kilometer perjam," jelas Product Planner PT Eurokars Motor Indonesia (APM Mazda Indonesia), Kenny Wala dalam sesi uji All New Mazda3 bersama jurnalis di Bogor pada Selasa (9/7/2019).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jajal Mazda Radar Cruise Control, Fitur Asik Anti Capek
 
Penasaran dengan fitur menarik tersebut, Medcom.id pun ikut mencobanya di jalan bebas hambatan yaitu tol Jagorawi. Hasilnya cukup seru, lantaran fitur ini membuat proses mengemudi jadi lebih asik dan anti capek. All New Mazda3 yang sudah dibekali dengan sistem Mazda Radar Cruise Control (MRCC), membuat kami takjub dengan cara kerjanya.
 
Anda tak lagi harus menekan pedal gas dan rem serta menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depan. Cukup melakukan setup selisih jarak dengan mobil di depan, mobil yang Anda kendarai akan berjalan dengan sendirinya dan menyesuaikan kecepatan dengan mobil di depannya.
 
Ketika ada objek bergerak lain yang masuk antara mobil yang kita kendarai dan mobil di depan yang jadi acuan, maka sistem akan membaca objek baru tersebut. Sehingga tetap aman bagi pengemudi.
 
Jajal Mazda Radar Cruise Control, Fitur Asik Anti Capek
 
"Lantaran ada intervensi dari objek lainnya, maka sistem ini tentu butuh waktu sekitar 1-2 detik untuk menyesuaikan jarak. Namun pada akhirnya mobil akan menyesuaikan dengan obejek yang baru. Rasanya ini tidak akan jadi masalah."
 
Syarat lain yang membuat sistem ini baru bisa bekerja adalah minimal kecepatan. Jika kecepatan mobil kita turun ke 30 km per jam, maka secara otomatis MRCC akan behenti bekerja. Anda harus mengaktifkannya kembali ketika mobil sudah berada di atas kecepatan minimal lagi. Seru bukan?
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif