Air Purifier ini terbuar dari mobil konsep Ioniq 5. Hyundai
Air Purifier ini terbuar dari mobil konsep Ioniq 5. Hyundai

Teknologi Otomotif

Hyundai Ioniq 5 Disulap Menjadi Air Purifier

Otomotif teknologi otomotif hyundai air purifier Hyundai Ioniq 5
Ekawan Raharja • 11 Januari 2022 15:00
Seoul: Mobil-mobil konsep biasanya ditampilkan sebelum mobil versi produksi mulai dipasarkan ke pasar. Meski demikian, kadang tidak diketahui bagaimana nasib-nasib mobil konsep ketika versi produksinya sudah dijual.
 
Ide kreatif kemudian ditunjukan oleh Hyundai dengan mengubah purwarupa Ioniq 5 yang sudah diproduksi 10 tahun lalu. Mereka menjadikan mobil ini sebagai air purifier alias pembersih udara.
 
Menurut Paultan,org, mobil-mobil konsep atau purwarupa ini banyak yang tidak laik jalan sehingga tidak bisa dijual, dan berakhir dihancurkan. Padahal, penghancuran ini tidak ramah untuk lingkungan karena meninggalkan sampah.
 
Pabrikan asal Korea Selatan ini kemudian memilih Ioniq 5 yang digunakan untuk pengetesan noise, vibration, and harshness untuk diubah lebih bermanfaat.
 
Pihak pabrikan berlanjut memanfaatkan pembersih udara bawaan dari Ioniq dan ditempatkan pada sebuah tabung yang terbuat dari kap mesin dan pintu hatchback bertenaga listrik itu. Selain itu, bagian velg berukuran 20 inci Ioniq 5 yang memiliki desain menarik tersebut juga dimanfaatkan sebagai penutup dari Air Purifier tersebut.
 
Selain itu, terdapat pula kipas pendingin yang disesuaikan agar dapat mendukung pengoperasian air purifier ini menjadi lebih baik. Untuk pengaturan dan tampilan menu, Hyundai menggunakan layar hiburan serta lampu belakang dengan desain yang khas sebagai pemanis di bagian luarnya. Nyatanya mobil prototipe bekas yang tidak digunakan lagi bisa bermanfaat dalam wujud lain.
 
Padahal, Ioniq 5 ini merupakan salah satu mobil listrik tercanggih yang dimiliki oleh Hyundai. Mobil ini bahkan akan diproduksi di Indonesia dan diperkirakan dimulai pada tahun ini.
 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif