Nottingham Forest saat juara Liga Champions 1980 (nottinghamforest.co.uk)
Nottingham Forest saat juara Liga Champions 1980 (nottinghamforest.co.uk)

Miris, Dua Klub Juara Liga Champions yang Menghilang Bak Ditelan Bumi

Olahraga liga champions soccertainment
Rendy Renuki H • 11 Februari 2021 14:53
Jakarta: Liga Champions bisa dibilang jadi lambang supremasi tertinggi klub Eropa. Namun siapa sangka, ada dua klub juara Liga Champions yang kini menghilang bak ditelan bumi.
 
Kenyataan yang berbanding terbalik dengan catatan sejarah saat mereka meraih juara. Apalagi pemenang trofi Si Kuping Besar biasanya diiring prestasi di kancah domestik.
 
Sehingga para pemegang gelar Liga Champions kebanyakan masih eksis di kompetisi lokal. Setidaknya berada di liga kasta tertinggi, walau tidak meraih juara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Contohnya Bayern Muenchen, juara bertahan Liga Champions musim lalu. Die Roten menjadi penguasa Bundesliga Jerman dengan koleksi 30 gelar domestik.
 
Pun begitu dengan Real Madrid, sang pemegang gelar terbanyak kompetisi ini. Pencapaian Los Blancos juga diiringi prestasi di kancah domestik dengan 34 gelar La Liga Spanyol.
 
Namun cerita yang sangat berbeda justru dirasakan dua klub yang tercatat pernah menjuarai Liga Champions. Mereka adalah Nottingham Forest dan Hamburg SV.

Nottingham Forest


Nottingham Forest tercatat merupakan pemegang dua gelar Liga Champions. Hebatnya, dua gelar itu mereka raih secara beruntun pada 1978-1979 dan 1979-1980.
 
Rekor yang membuat Nottingham Forest menjadi klub Inggris ketiga dengan gelar Liga Champions terbanyak. The Forest hanya kalah dari Liverpool (enam gelar) dan Manchester United (tiga gelar).
 
Nottingham Forest mampu mengoleksi gelar Liga Champions lebih banyak dari Chelsea dan Aston Villa. Dua tim yang masih eksis menjadi kontestan Liga Primer Inggris.
 
Sayang, nasib The Forrest kini bak ditelan bumi. Nottingham Forest kini seolah menghilang dari peredaran, dan hanya bermain di Divisi Dua Liga Inggris menempati posisi 18.

Hamburg SV

Miris, Dua Klub Juara Liga Champions yang Menghilang Bak Ditelan Bumi
Klub asal Jerman ini bernasib serupa, yang keberadaannya mulai terlupakan. Padahal Hamburg SV adalah peraih gelar juara Liga Champions 1982-1983.
 
Hebatnya, mereka membawa pulang trofi Si Kuping Besar setelah mengalahkan Juventus di final. Bianconeri yang diperkuat pemain bintang macam Michel Platini, Paolo Rossi, dan Dino Zoff dikalahkan dengan skor 1-0.
 
Namun kini Hamburg SV ikut menghilang dari peredaran. Klub yang didirikan 1887 itu kini hanya bermain di kasta kedua Liga Jerman usai terdegradasi musim 2017-2018.
 
(ACF)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif