Wapres Jusuf Kalla (Foto: ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI)
Wapres Jusuf Kalla (Foto: ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI)

Hari Olahraga Nasional 2016

Wapres Jusuf Kalla Dipastikan Buka Haornas 2016 di Sidoarjo

Olahraga haornas
Amaluddin • 05 September 2016 19:51
medcom.id, Surabaya: Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dipastikan hadir dalam acara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tingkat nasional yang dipusatkan di Stadion Gelora Delta, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat 9 September 2016. Orang nomor dua di Indonesia itu dijadwalkan untuk membuka acara tahunan tersebut.
 
"Kehadiran Wakil Presiden di Haornas nanti bisa menjadi komitmen Pemerintah kepada olahraga," kata Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot Dewa Broto, di Kantor Dispora Jatim, Surabaya, Senin (5/9/2016).
 
Menurut Gatot, kehadiran Wapres JK merupakan bentuk kepedulian tinggi Pemerintah terhadap olahraga di daerah. Sejumlah pejabat tinggi juga akan hadir dalam acara tersebut. Di antaranya Menpora Imam Nahrawi, Gubernur Jatim Soekarwo, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, Bupati Sidoarjo Saiful Illah, dan lainnya. "Tak hanya pejabat, Owi/Butet dan para atlet-atlet lainnya juga akan hadir untuk memeriahkan acara Haornas itu," jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara alasan dipilihnya Jatim sebagai tempat peringatan Haornas, kata Gatot karena Pemerintah ingin menggelorakan olahraga di seluruh daerah di Indonesia. Selain itu, Jatim merupakan daerah penyumbang atlet terbesar untuk Indonesia.
 
"Pemerintah menyadari bahwa potensi olahraga tidak hanya terpusat di Jakarta, tapi juga di daerah. Makanya Haornas kali ini digelar di daerah," ujarnya.
 
Dalam peringatan Haornas kali ini, pemerintah juga akan memberikan penghargaan kepada mantan atlet berprestasi, atlet dan atlet usia muda yang memiliki prestasi tinggi. "Penghargaan kali ini diberikan bersamaan dengan peringatan Haornas," tambahnya.
 
Sebelum puncak Haornas, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 di Brasil akan hadir untuk memeriahkan Haornas di Stadion Gelora Delta, Kabupaten Sidoarjo. Kedua atlet yang meraih medali emas di nomor ganda campuran itu terlebih dahulu akan diarak dari Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya menuju Gedung Negara Grahadi, di Jalan Gubernur Suryo, Surabaya.
 
Rombongan konvoi itu nantinya akan melalui sejumlah rute mulai dari jalan Raya Juanda, Brigjen Katamso, Ahmad Yani, Raya Darmo, Basuki Rahmat dan finish di Grahadi jalan Gubernur Suryo, Surabaya, untuk menemui Gubernur Jatim Soekarwo.
 
Setelah bertemu Gubernur Jatim, kemudian rombongan kembali diarak dari Gedung Grahadi menuju Gelora Delta, Sidoarjo. Mereka akan melintasi jalan Gubernur Suryo, Panglima Sudirman, Raya Darmo, Ahmad Yani, Katamso (Waru), Ahmad Yani, Gajah Mada alun-alun menuju Gelora Delta, Sidoarjo.
 
Sejumlah atlet lainnya juga ikut dalam rombongan tersebut. Di antaranya Eko Yuli dan Sri Wahyuni (peraih medali perak cabor angkat besi), Rio Haryanto dan sejumlah atlet Olimpiade lainnya. Nantinya, mereka akan diarak menggunakan bus terbuka yang di dalamnya ada Menpora Imam Nahrawi.
 

(KRS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif